Breaking News:

Nasional

Soal Transisi Pandemi Covid-19, Wiku; WHO Punya Otoritas Tetapkan Status Endemi

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan, transisi dari pandemi Covid-19 menjadi endemik merupakan otoritas Badan

Editor: Adjeng Hatalea
(DOK. Satgas Covid-19)
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menjawab pertanyaan media saat memberi keterangan pers yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (12/11/2020). 

JAKARTA, TRIBUNAMBON.COM - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan, transisi dari pandemi Covid-19 menjadi endemik merupakan otoritas Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Dimana kondisi kasus Covid-19 secara global perlu diperbaiki.

"Penetapan status endemi merupakan otoritas badan kesehatan dunia (WHO) karena untuk merubah pandemi yang berdampak pada banyak negara diperlukan perbaikan kondisi kasus secara global," kata Wiku dikutip dari laman resmi covid19.go.id, Rabu (9/3/2022).

Diketahui istilah endemi yang belakangan ini akrab di tengah-tengah masyarakat.

Dimana endemi juga menjadi tujuan Indonesia setelah melewati masa pandemi. 

Istilah endemi digunakan untuk menggambarkan keberadaan sebuah penyakit yang cenderung terkendali karena jumlah kasus yang rendah secara konsisten, dengan luas daerah terdampak dan durasi yang beragam di tiap daerah.

Pada saat berada dalam kondisi endemi, dapat diindikasikan dari jumlah kasus dan kematian yang rendah bahkan 0 dalam jangka waktu tertentu. Dan kondisi ini hanya dapat tercapai jika masyarakat secara kolektif menjalankan pengendalian COVID-19 dengan optimal.

"Kedepannya semoga masyarakat dunia semakin baik beradaptasi hidup berdampingan dengan COVID-19," jelasnya.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved