Breaking News:

Maluku Terkini

Soal Kontra Pelantikan Raja Haruru, Warga Disarankan Tempuh Jalur Hukum

Bupati Maluku Tengah, Abua Tuasikal menyebut pelantikan Yacobus Maatoke sebagai Kepala Pemerintahan Negeri (Raja) Negeri Haruru sesuai peraturan.

Penulis: Lukman Mukadar | Editor: Salama Picalouhata
TribunAmbon.com/ Lukman Mukaddar
PELANTIKAN KPN: Bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua saat memasang tanda pangkat kepada Raja Negeri Haruru, Yacobus Maatoke di Baileo Ir. Soekarno, Kota Masohi, Rabu (2/3/2022). 

Laporan Kontr ibutor TribunAmbon.com, Lukman Mukaddar

MASOHI,TRIBUNAMBON.COM - Bupati Maluku Tengah, Abua Tuasikal menyebut pelantikan Yacobus Maatoke sebagai Kepala Pemerintahan Negeri (Raja) Negeri Haruru sesuai peraturan yang berlaku.

Warga pun disarankan menempuh jalur hukum jika berkeberatan dengan keputusan tersebut.

"Tadi mereka datang ke sini, dan saya sudah jelaskan duduk perkaranya, bahwa persoalan Raja Haruru sudah sesuai mekanisme sehingga pelantikan tetap jalan," ujar Abua kepada awak Media, usai melantik enam Kepala Pemerintah Negeri termasuk Jacobus Maatoke, berlangsung di Baileo Ir. Soekarno Kota Masohi, Rabu (2/3/2022).

Baca juga: Usai Dilantik, Bupati Abua Ingatkan 6 Kepala Pemerintahan Transparan Kelola Keuangan Desa

Apabila ada kesalahan dalam prosedur pencalonan hingga pelantikan lanjutnya, warga bisa mengambil langkah hukum sesuai undang-undang yang berlaku.

"Saya minta bagi yang tidak setuju silahkan tempuh jalur hukum, karena itu juga ada aturannya," tambah Bupati.

Bupati dua periode itu juga mengingatkan Jacobus Maatoke untuk merangkul warga yang sempat yang kontra Yacobus dan timnya. "Saya ingatkan Raja untuk merangkul mereka," harap Abua.

AKSI PROTES; Warga Negeri Haruru, Maluku Tengah blokade jalan Trans Seram. Rabu (2/3/2022).
AKSI PROTES; Warga Negeri Haruru, Maluku Tengah blokade jalan Trans Seram. Rabu (2/3/2022). (TribunAmbon.com/ Lukman Mukadar)

Sebelumnya, warga menggelar aksi blokade jalan pintu masuk Kota Masohi, Rabu.

Aksi itu buntut kekesalan warga akan rencana pelantikan Yacobus Maatoke sebagai Kepala Pemerintah Negeri (Raja) Haruru oleh Bupati Maluku Tengah.

Namun saat ini, akses jalan tersebut sudah bisa dilalui kendaraan setelah Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua, menerima para pihak dari Negeri Haruru untuk memberikan penjelasan persoalan pelantikan Jacobus sebagai Raja Haruru. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved