Breaking News:

Nasional

Menkes RI: Covid-19 Nasional Bakal Turun 2 Pekan Mendatang, Berikut Tren Terkini

Terbaru, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memprediksi kasus Covid-19 secara nasional akan turun dalam dua pekan mendatang.

Editor: Adjeng Hatalea
Kontributor TribunAmbon.com, Adjeng
Terbukti Negatif COvid-19 setelah 17 hari diisolasi, akhirnya dua WNA asal Jepang dikeluarkan dari RSUD Haulussy Ambon 

JAKARTA, TRIBUNAMBON.COM - Indonesia masih mencatatkan penambahan puluhan ribu kasus Covid-19 dalam satu hari. Jumlah kasus aktif virus corona di Tanah Air pun masih berada di atas angka 500.000.

Eskalasi situasi pandemi ini telah terjadi lebih dari satu bulan terakhir, terhitung sejak pertengahan Januari 2022.

Terbaru, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memprediksi kasus Covid-19 secara nasional akan turun dalam dua pekan mendatang.

Budi mengatakan, kasus Covid-19 di Indonesia sudah melandai.

Penurunan disebabkan meredanya kasus di sejumlah provinsi padat penduduk. Provinsi-provinsi yang dimaksud seperti DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa tengah.

"Saya rasa ke depannya dalam seminggu atau dua minggu ke depan, secara nasional akan turun," kata Budi dalam keterangan virtual selepas rapat terbatas tentang PPKM dengan Presiden Joko Widodo, Minggu (27/2/2022).

Selain DKI Jakarta, menurut Budi, Maluku, Papua, dan Nusa Tenggara Barat juga sudah menunjukkan tren penurunan kasus Covid-19, berdasarkan pemantauan 3 pekan berturut-turut.

Namun demikian, masih ada wilayah yang mencatatkan kenaikan Covid-19 di Tanah Air.

"Tapi beberapa provinsi masih mengalami peningkatan, khususnya di Jawa itu Yogyakarta masih meningkat, kemudian di Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur," kata Budi.

"Di Sumatera Utara juga masih meningkat, Kepulauan Riau dan Riau juga masih meningkat, dan juga beberapa provinsi di Sulawesi," lanjutnya.

Tren Covid-19 terkini

Merujuk data Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, kasus harian virus corona sempat mencapai titik tertinggi pada 16 Februari 2022, yakni 64.718 dalam sehari.

Setelah itu, kasus Covid-19 harian mengalami fluktuasi namun tak pernah melebihi jumlah kasus pada 16 Februari.

Kasus harian sempat tercatat melewati angka 60.000 lagi pada 23 Februari yakni 61.488 kasus.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved