Breaking News:

Maluku Terkini

Aturan Menag soal Pengeras Suara Bakal Disosialisasikan di Maluku Tengah; dari Volume hingga Waktu

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Maluku Tengah, Taslim Tuasikal mengatakan pihaknya akan segera mensosialisasikan SENomor 05 tahun 2022.

Penulis: Lukman Mukadar | Editor: Salama Picalouhata
Lukman Mukaddar
Kepala Kantor Kementerian Agama Maluku Tengah, Taslim Tuasikal saat diwawancara, Selasa (22/2/2022). 

Laporan Kontributor TribunAmbon.com, Lukman Mukaddar

MASOHI,TRIBUNAMBON.COM - Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Maluku Tengah, Taslim Tuasikal mengatakan pihaknya akan segera mensosialisasikan Surat Edaran (SE) Nomor 05 tahun 2022

tentang Pedoman Penggunaan Pengeras Suara di Masjid dan Musala yang diterbitkan oleh Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas.

Menurutnya, aturan tersebut menjadi imbauan dan dipahami guna kebaikan bagi seluruh umat Islam di Indonesia.

"Kita akan melakukan pendekatan dengan masyarakat, terutama di Kota Masohi,"kata Tuasikal kepada TribunAmbon.com di ruang kerjanya, Selasa (22/2/2022).

Meski berupa imbauan lanjutnya, aturan tersebut tidak ada pemaksaan dan murni butuh kesadaran dan pengertian warga.

"Tidak ada bentuk pemaksaan, meskipun ini adalah edaran tapi kita hanya sifatnya sosialisasi dan tidak dalam bentuk pemaksaan,"tandasnya.

Tuasikal mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan pendekatan untuk bisa mensosialisasikan edaran itu secara masif.

"Dan ini pasti kita melakukan sosialisasi secara masif mulai dari kita di seksi-seksi sampai ke KUA-KUA di Kecamatan agar itu bisa dijalankan oleh teman-teman,"kata Tuasikal.

Baca juga: SE Menag: Takbir Idul Fitri dan Idul Adha Gunakan Pengeras Suara Luar hingga Pukul 22.00

Baca juga: Arab Saudi Batasi Volume Pengeras Suara Masjid karena Banyak Warga Komplain

Ini aturan lengkapnya:

Menteri Agama (Menag) RI, Yaqut Cholil Qoumas, menerbitkan aturan baru mengenai aturan penggunaan speaker atau pengeras suara di masjid dan musala.

Aturan tersebut termaktub dalam Surat Edaran (SE) Menteri Agama Nomor 05 Tahun 2022 tentang Pedoman Penggunaan Pengeras Suara di Masjid dan Musala.

Menag menyebut SE ini diterbitkan sebagai pedoman dalam urusan pemasangan dan penggunaan pengeras suara di masjid dan musala.

“Pedoman diterbitkan sebagai upaya meningkatkan ketenteraman, ketertiban, dan keharmonisan antarwarga masyarakat,” ujar Menag Yaqut dalam siaran pers, Senin (21/2/2022).

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved