Breaking News:

Kesehatan

Disfungsi Ereksi Bisa Disebabkan Kekurangan Seng, Kenali Gejala dan Asupan Makanan

Seng membantu menghasilkan hormon seks yang utama, seperti testosteron dan prolaktin. Seng juga memungkinkan terciptanya komponen utama caira

Editor: Adjeng Hatalea
(Shutterstock)
Ilustrasi pasangan 

TRIBUNAMBON.COM - Disfungsi ereksi adalah masalah seksual paling umum yang dihadapi pria, di mana ada sejumlah penyebab dan salah satunya adalah kekurangan seng.

Mengutip Healthline, seng adalah mineral kunci yang berfungsi untuk:

  • Kekebalan
  • Produksi DNA dan protein
  • Pembelahan sel
  • Produksi testosteron untuk pria.

Sehingga, kadar seng dalam tubuh pria dapat memengaruhi disfungsi ereksi. Mengutip Medical News Today, pria yang kekurangan seng telah terbukti memiliki testis yang kurang berkembang dan jumlah sperma yang berkurang.

Seng membantu menghasilkan hormon seks yang utama, seperti testosteron dan prolaktin. Seng juga memungkinkan terciptanya komponen utama cairan prostat.

Bukti ilmiah

Ada bukti bahwa makan makanan mengandung seng dapat meningkatkan kemampuan seksual pria. Begitu pula jika pria kekuarangan asupan seng, maka ia akan mengalami gangguan seksual. Mengutip Healthline, sebuah studi pada 1996 menunjukkan hubungan yang sangat jelas antara seng dan kadar testosteron. Sejumlah laki-laki muda diberi makanan termasuk yang mengandung seng sangat sedikit, dampaknya mereka mengembangkan kekurangan seng.

Tingkat testosteron diukur dan ada penurunan yang signifikan, yaitu hampir 75 persen, setelah 20 minggu makan makanan rendah seng. Studi tersebut juga meneliti pemberian suplemen seng pada pria lanjut usia. Para peneliti menunjukkan bahwa dengan peningkatan asupan seng, kadar testosteron pada pria lanjut usia tersebut hampir dua kali lipat.

Hal tersebut adalah bukti yang cukup kuat bahwa seng berdampak pada produksi testosteron dan pada akhirnya berhubungan dengan kemampuan seksualnya. Pada 2009, penelitian paada hewan dilakukan untuk menguji lagi korelasi antara seng dan fungsi seksual pada pria. Tikus yang diberi 5 miligram suplemen seng per hari terbukti memiliki fungsi seksual yang lebih baik. Studi khusus ini menyimpulkan bahwa pada pria, seng memiliki efek positif terhadap gairah seksual dan mempertahankan ereksi.

Gejala disfungsi ereksi

Mengutip Healthline, kesulitan mendapatkan ereksi dan kesulitan mempertahankan ereksi selama aktivitas seksual adalah gejala disfungsi ereksi yang paling umum. Gangguan seksual lain yang berhubungan dengan disfungsi ereksi meliputi:

  • Ejakulasi dini
  • Ejakulasi tertunda
  • Anorgasmia atau ketidakmampuan untuk mencapai orgasme setelah banyak rangsangan.
Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved