Breaking News:

Ambon Hari Ini

Sengketa Lahan TNI AU – Tawiri, Louhenapessy Sebut Bakal Ada Pengembalian Batas

Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy mengatakan akan ada pengembalian batas dari BPN terhadap lokasi yang dipermasalahkan.

Penulis: Tanita Pattiasina | Editor: Fandi Wattimena
TribunAmbon.com/ Tanita Pattiasina
Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Tanita Pattiasina

AMBON, TRIBUNAMBON.COM – Pemerintah Kota Ambon akhirnya bertemu TNI AU, Badan Pertanahan Nasional (BPN), Kejaksaan dan Kepala Pejabat serta Saniri Negeri (Desa) Tawiri, Rabu (16/2/2022).

Pertemuan itu membahas sengketa lahan antara Tawiri dengan TNI AU.

Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy mengatakan akan ada pengembalian batas dari BPN terhadap lokasi yang dipermasalahkan.

Lanjutnya, dalam pengembalian batas itu, Tim BPN akan meninjau kembali lokasi dan menganalisa kejelasan kepemilikan tanah yang diduga merupakan tanah milik Negeri Tawiri.

“Dari hasil rapat tadi akhirnya kita berkesimpulan bawah perlu ada pengembalian batas dari BPN terhadap lokasi, dari pengembalian batas itu nanti kita akan lihat apakah ada masuk atau tidak di tanah Tawiri,” kata Louhenapessy usai pertemuan, Rabu siang.

Baca juga: Sengketa Lahan TNI AU di Tawiri, BPN Sebut Pembuatan Sertifikat Sesuai Prosedur

Baca juga: Pimpin Upacara Serah Terima Jabatan, ini Pesan Kapolres Pulau Buru

Lanjutnya, pihak TNI AU juga telah membawa bukti sertifikat kepemilikan lahan yang merujuk tanah itu berada di atas tanah Negeri Laha dan bukan Tawiri.

Namun, kejelasan kepemilikan lahan akan jelas setelah pengembalian batas oleh BPN.

“Karena sertifikat itu jelas-jelas diatas tanah Negeri Laha bukan Tawiri itu yang seritifikat TNI AU, kemudian dari hasil pengembalian batas itu nanti kita lihat apakah ada tidak hak-hak orang Tawiri yang masuk disitu,” jelasnya.

Sebelumnya, warga Tawiri sempat beberapa kali mendatangi Balai Kota Ambon, juga kantor DPRD Maluku terkait masalah tanah dengan TNI AU.

Karena masalah tanah itupun, warga sempat memblokade jalan menuju Bandara Pattimura Ambon pada Rabu (24/11/2021) lalu. (*)

Sumber: Tribun Ambon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved