Breaking News:

Maluku Terkini

Dua Pekan Bertugas di Malteng, Kapolres; Pers adalah Mitra Kerja Polisi

Kapolres baru itu juga mengajak  para wartawan yang aktif memproduksi berita agar tetap menjalin sinergitas positif dengan polisi.

Penulis: Lukman Mukadar | Editor: Fandi Wattimena
TribunAmbon.com/ Lukman Mukaddar
Kapolres dan Wakapolres Maluku Tengah saat menggelar Cofee Morning Bersama Insan Pers di Rupatama Polres di Kota Masohi, Rabu (16/2/2022). 

Laporan Kontributor TribunAmbon.com, Lukman Mukaddar

MASOHI,TRIBUNAMBON.COM - Kapolres Maluku Tengah, AKBP Abdul Ghafur mengapresiasi positif peran pers di Maluku Tengah karena telah memberikan informasi positif demi stabilisasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Kapolres baru itu juga mengajak  para wartawan yang aktif memproduksi berita agar tetap menjalin sinergitas positif dengan polisi.

Polisi dan Pers kata dia, merupakan sahabat atau mitra kerja yang harus dijaga sehingga informasi-informasi seperti kriminal, asusila maupun himbauan hingga edukasi kamtibmas yang bersumber dari polisi tetap terbuplish secara tertanggung jawab.

"Kepolisian dan insan pers adalah sahabat dan mitra dalam memberikan pelayanan publikasi dan edukasi kepada masyarakat. Atas dasar ini kami berharap kemitraan ini tetap terjaga dengan baik," kata Ghafur saat acara “Coffee Morning Kapolres Malteng Bersama Insan Pers” di Ruang Rapat Utama Polres Malteng, Rabu (16/02/2022).

Abdul Ghafur menggelar Coffe Morning ini sebagai ajang silaturahim, menyusul baru saja menjabat sebagai Kapolres Malteng sejak dua pekan lalu.

Dalam kesempatan itu, Kapolres Malteng ini mengakui  pentingnya sinergitas antara Polri dan Pers akan menghasilkan karya publikasi yang positif  bagi masyarakat.

“Kami menyadari bahwa keberhasilan Kepolisian terutama Polres Malteng banyak didukung oleh rekan-rekan pers,” tutur Abdul Ghafur.

Baca juga: Sengketa Lahan TNI AU – Tawiri, Louhenapessy Sebut Bakal Ada Pengembalian Batas

Baca juga: Sengketa Lahan TNI AU di Tawiri, BPN Sebut Pembuatan Sertifikat Sesuai Prosedur

Dikatakan, keberhasilan yang dimaksud adalah publikasi, pemberitaan yang objektif, dan transparan termasuk antisipasi terkait isu-isu miring dan hoaks [berita bohong yang beredar di masyarakat.

“Kami sangat mengharapkan rekan-rekan semuanya bisa membantu kita,  membantu Kepolisian, membantu masyarakat dalam hal pemberitaan yang positif,” harap Kapolres.

Ia menambahkan, dalam situasi pandemi Covid-19  ini, banyak beredar hoaks tentang vaksinasi di tengah publik. Kondisi ini tentu membutuhkan peran Pers  bersama Kepolisian sangat diharapkan untuk memberikan publikasi dan edukasi lewat media.

"Kita berharap  penanganan vaksin Covid-19 itu akan berlangsung sesuai harapan kita dan tidak ada yang berbahaya apalagi haram, karena sudah dikaji secara ilmiah dan disahkan kehalalan-nya,” pungkas  mantan Kasubditkrimum Polda Maluku ini.

Terkait konflik di wilayah Malteng, Kapolres menyampaikan Polres Malteng memiliki lima titik potensi konflik dari lima puluh peta konflik di Maluku.

"Kita juga membutuhkan  bantuan Pers untuk terus memberikan himbauan-himbauan dan edukasi kepada masyarakat agar jangan sampai terjadi lagi pertikaian antar saudara. 

Abdul Ghafur menambahkan,  Polres Malteng akan tetap terbuka menerima saran dan kritik demi peningkatan pelayanan kepolisian kepada masyarakat.

"Prinsipnya kami terbuka selama itu untuk kepentingan publik,"tutup Kapolres. (*)

Sumber: Tribun Ambon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved