Breaking News:

Maluku Terkini

Longboat Berisi 15 Orang Terbalik di Perairan Pulau Buru, Seluruh Penumpang Selamat

Sebuah kapal longboat yang memuat 15 orang tenggelam di Perairan Leksula, Kabupaten Buru Selatan, Kamis (20/1/2022).

Penulis: Andi Papalia | Editor: Salama Picalouhata
Pos SAR Namlea
Longboat Dua Putra Sayang mengalami kecelakaan dan tenggelam di Perairan Leksula, Kabupaten Buru Selatan, Kamis (20/1/2022). 

Laporan Kontributor TribunAmbon.com, Andi Papalia

NAMLEA, TRIBUNAMBON.COM - Sebuah kapal longboat yang memuat 15 orang terbalik dan tenggelam di Perairan Leksula, Kabupaten Buru Selatan, Kamis (20/1/2022).

15 korban tersebut berhasil dievakuasi dengan selamat.

Koordinator Pos SAR Namlea, Rahmat Palapia mengatakan, loangboat bernama 2 Putra Sayang itu, tenggelam saat berangkat dari Desa Sekat.

"Sekitar pukul 04:00 WIT, loangboat 2 Putra Sayang asal Desa Sekat, Kecamatan Kepala Madan, yang dibawa oleh Sudirman Marua dan Sahril Defenubun, tenggelam di Perairan Leksula," kata Palapia saat dikonfirmasi TribunAmbon.com, melalui WhatsApp, Kamis siang.

Baca juga: Warga Kota Ambon, Waspada Penyakit Malaria Jelang Musim Pancaroba

Dia menjelaskan, longboat tersebut dihantam ombak sehingga air masuk ke dalam, dan perlahan-lahan tenggelam.

"Mereka berangkat dari Desa Sekat, pada pukul 08:15 WIT, karena cuaca laut memburuk, dan dihantam ombak dari samping kiri dan kanan, sehingga menyebabkan air masuk ke dalam body, dan perlahan-lahan tenggelam," jelasnya.

Beruntungnya kata dia,, seluruh penumpang dinyatakan selamat dalam insiden tersebut, karena dibantu oleh warga setempat saat melintasi perairan itu.

"Seluruh penumpang melompat keluar dengan menggunakan papan alas body, dan setelah 10 menit body Mala asal Desa Sekat, yang kebetulan melintasi perairan tersebut, memberikan pertolongan serta informasi ke Desa Leksula untuk meminta bantuan, untuk mengevakuasi korban," ujar Palapia.

Setelah tim penyelamat yang Pimpin oleh Kapolsek Leksula AKP Obed N.R. dan Camat Leksula Rein Tasane tiba di TKP, seluruh korban telah di selamatkan oleh body Sinar Palea asal Desa Sekat.

Diketahui, longboat tersebut memuat sebanyak 15 penumpang, diantaranya Sudirman Marua (51) selaku juragan longboat Dua Putra Sayang, Sahril Defenubun (20) selaku ABK.

Selanjutnya, Jahama (58), Nurian Kolengsusu (50), Warati Wance (43), Tuty Ipa (32), Astari Ipa (30), Mohtar Limau (52), Bayang Flores (40), Jihan Tueka (23), Nijam (3), Enjel Flores (3), Arsila Humaira (Balita), Sutiono (43), dan Budi (48).

Dan ada juga muatan pisang sebanyak 60 ikat, dan cabai 11 karung.

"Kerugian materil dipastikan sebanyak puluhan juta rupiah," ucapnya. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved