Breaking News:

Maluku Terkini

Tahun ini, Pemda Maluku Tengah Bangun Hunian Tetap Bagi Warga Terdampak Gempa di Tehoru

Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah akan membangun Hunian Tetap (Huntap) bagi warga terdampak di Dusun Mahu, dan Desa Saunolu, Kecamatan Tehoru, Maluku

Penulis: Lukman Mukadar | Editor: Adjeng Hatalea
TribunAmbon.com/Lukman
MALUKU: Julius Boro, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Maluku Tengah saat diwawancarai di Masohi, Kamis (13/1/2022). 

Laporan Kontributor TribunAmbon.com, Lukman Mukaddar

MASOHI,TRIBUNAMBON.COM - Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah akan membangun Hunian Tetap (Huntap) bagi warga terdampak di Dusun Mahu, dan Desa Saunolu, Kecamatan Tehoru, Maluku Tengah tahun ini.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas (Kadis) Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Kabupaten Maluku Tengah, Julius Boro di Masohi, Kamis (13/1/2022).

"Jadi untuk perumahan pasca bencana tahun 2021 kemarin yang terjadi di Kecamatan Tehoru, setelah diusulkan untuk tahun 2022 untuk di lakukan intervensi," ujar Ulis Sapaan Akrab Kadis DPKP itu.

Kata Ulis, warga yang akan menerima hunian baru itu adalah mereka yang rumahnya terpaksa direlokasi, karena berdiri di atas titik patahan gempa.

Kriteria itu berdasarkan rekomendasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

"Dan mereka kena relokasi itu adalah yang berada di daerah patahan, karena memang tidak bisa lagi tinggal disitu. Dan merupakan rekomendasi badan meteorologi," jelas Ulis.

Tak hanya itu, Pemerintah Daerah juga akan segera menanggulangi puluhan rumah rusak akibat gempa itu, baik sedang maupun rusak ringan.

"Jadi bukan saja yang direlokasi tetapi seluruh rusak ringan itu diintervensi," ujarnya.

Dia menambahkan. sediktinya terdata sebanyak 68 rumah yang akan di tanggulangi oleh Pemerintah Daerah termasuk yang akan direlokasi.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved