Breaking News:

Nasional

Sebanyak 1.023 Jemaah Umrah Telah Diberangkatkan ke Arab Saudi

Wakil Menteri Agama, Zainut Sa'adi mengungkapkan, hingga Selasa (11/1/2022), sudah tercatat 1.023 jemaah umrah yang berangkat ke Arab Saudi sejak perj

Editor: Adjeng Hatalea
(KOMPAS.com/RAHEL NARDA)
Pelepasan ratusan jemaah umrah di Asrama Haji, Jakarta Timur, Sabtu (8/1/2022).(KOMPAS.com/RAHEL NARDA) 

JAKARTA, TRIBUNAMBON.COM - Wakil Menteri Agama, Zainut Sa'adi mengungkapkan, hingga Selasa (11/1/2022), sudah tercatat 1.023 jemaah umrah yang berangkat ke Arab Saudi sejak perjalanan umrah kembali dibuka.

"Sampai dengan hari Selasa, 11 Januari 2022, telah diberangkatkan jemaah umrah ke Arab Saudi sebanyak 1.023 jemaah, dengan 870 jemaah di antaranya yang melakukan screening kesehatan di Asrama Haji Jakarta," kata Zainut dalam rapat dengan Komisi VIII DPR, Kamis (13/1/2022).

Zainut menjelaskan, jemaah yang berangkat dari Asrama Haji Jakarta menggunakan dua maskapai penerbangan langsung, Lion Air dan Saudi Arabia Airlines, serta satu maskapai penerbangan transit, yaitu Emirates Airlines.

Ia menyebutkan, sebagian besar jemaah yang berangkat dari Asrama Haji Jakarta tersebut merupakan jemaah yang keberangkatannya ditunda akibat pandemi Covid-19.

Zainut juga mengemukakan, terdapat satu penerbangan dengan jemaah yang melakukan screening di luar Asrama Haji Jakarta serta rombongan jemaah yang diberangkatkan tidak melalui one-gate policy.

Ia mengatakan, seluruh jemaah tersebut telah tiba di Arab Saudi dan tengah menjalani masa karantina selama lima hari dihitung sejak kedatangan.

"Informasi dan laporan dari PPIU (Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh) bahwa hasil PCR pertama saat karantina kedatangan jemaah umrah di Arab Saudi seluruhnya negatif Covid-19," kata Zainut.

Ia melanjutkan, Kementerian Agama juga tengah mengupayakan prosedur administrasi agar karantina kepulangan jemaah umrah dapat dilakukan di Asrama Haji Jakarta.

Menurut rencana, jemaah umrah yang berangkat pada 8 Januari 2022 akan tiba di Tanah Air pada 17 Januari 2022.

"Kami berharap BNPB telah menyetujui penggunaan Asrama Haji Jakarta sebagai lokasi karantina kepulangan jemaah umrah sebelum tanggal 17 Januari 2022," kata Zainut.(*)

(Kompas.com / Ardito Ramadhan / Egidius Patnistik)

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved