Breaking News:

Ambon Hari Ini

Dukcapil Ambon Mulai Jalankan Layanan Adminduk Terintegrasi, Warga Tak Perlu Repot

Pertama kali diberikan bagi masyarakat yang mengalami kedukacitaan dalam bentuk penyerahan akta

Penulis: Tanita Pattiasina | Editor: Fandi Wattimena
Humas Pemkot Ambon
Sekretaris Kota (Sekot) Ambon, Agus Ririmasse, menyerahkan akta kematian saat acara pemakaman salah satu warga di Negeri Hutumuri, Kecamatan Leitimur Selatan, Kamis (13/1/2022) 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Tanita Pattiasina

AMBON, TRIBUNAMBON.COM – Pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) terintegrasi mulai dijalankan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Ambon.

Pertama kali diberikan bagi masyarakat yang mengalami duka cita dalam bentuk penyerahan akta kematian secara langsung atas meninggalnya anggota keluarga.

Sekretaris Kota (Sekot) Ambon, Agus Ririmasse, yang hadir pada acara pemakaman salah satu warga di Negeri Hutumuri, Kecamatan Leitimur Selatan, langsung memberikan kepada keluarga.

“Dukcapil adalah dinas pelayanan publik yang wajib hukumnya memberikan lakukan pelayanan sebaik mungkin kepada masyarakat, karena itu merupakan hak warga kota,” kata Ririmasse, Kamis (13/1/2022).

Ririmasse menjelaskan, warga yang meninggal dunia harus secepat mungkin dilaporkan oleh aparatur desa/negeri dan kelurahan kepada Dinas Dukcapil, agar akte kematian dapat diterbitkan dan diserahkan kepada keluarga yang mengalami dukacita.

Baca juga: Tahun ini, Pemda Maluku Tengah Bangun Hunian Tetap Bagi Warga Terdampak Gempa di Tehoru

Baca juga: Harga Bawang Merah di Masohi Masih Normal di Kisaran Rp. 35 Ribu Per Kg

Selain akte kematian, lanjutnya, turut diserahkan pula KTP kepada suami atau istri dengan status cerai mati dan Kartu Keluarga (KK) yang baru.

“Petugas Dukcapil yang akan langsung menyerahkan Akta Kematian kepada masyarakat atau diwakili oleh aparatur desa/negeri dan kelurahan pada saat acara pemakaman,” jelasnya.

Tak hanya persoalan administrasi, Sekot yang baru dilantik Desember 2021 lalu itu mengakui akan berupaya agar penyerahan akte kematian juga dibarengi dengan santunan duka bagi keluarga.

“Nantinya bukan saja dukumen, tetapi juga disertai dengan santunan duka. Jadi petugas Dukcapil tidak datang dengan ‘tangan kosong’,” tambahnya

Ririmasse mengingatkan, pelayanan Adminduk terintegrasi Dukcapil akan terus dioptimalkan olehnya selaku pejabat yang ditunjuk oleh Walikota dan Wakil Walikota untuk melakukan pembenaahan pada Dinas Dukcapil Kota Ambon.

“Bukan saja akte kematian, tetapi akta kelahiran, akte pernikahan, semua dokumen Adminduk akan dilayani secara terintegrasi,” tandasnya. (*)

Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved