Breaking News:

Maluku Terkini

Andi Nurka Lantik Notaris dan Anggota Majelis Pengawasan Daerah Notaris

Pelantikan yang digelar selepas melangsungkan Deklarasi Janji Kinerja tersebut merupakan upaya dalam rangka menciptakan kepastian, ketertiban,

Penulis: Mesya Marasabessy | Editor: Fandi Wattimena
Sumber; Kemenkumham Maluku
Pelantikan anggota majelis pengawas daerah notaris sekaligus satu orang notaris di wilayah Kanwil Kemenkumham Maluku, Selasa (11/1/2022). 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Mesya Marasabessy

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Maluku, Andi Nurka kembali melantik anggota Majelis Pengawas Daerah Notaris sekaligus satu orang Notaris di Kota Ambon, Selasa (11/1/2022).

Pelantikan yang digelar selepas melangsungkan Deklarasi Janji Kinerja tersebut merupakan upaya dalam rangka menciptakan kepastian, ketertiban, dan perlindungan hukum bagi masyarakat, serta pembinaan dan pengawasan terhadap Notaris di Kabupaten/Kota.

Dalam sambutannya, Andi Nurka mengatakan bahwa pelantikan kali ini berbeda dari biasanya.

“Hari ini selain melantik Abdul Malik Wagola sebagai anggota Majelis Pengawas Daerah Notaris di Provinsi Maluku, dalam kesempatan yang sama juga dilakukan pelantikan kepada Liliyana Purwanto sebagai Notaris di Kota Ambon,” kata Andi Nurka.

Baca juga: Deklarasi Janji Kinerja 2022, KakanwiL Kemenkumham Kukuhkan Komitmen Pegawai

Baca juga: Andi Nurka Usulkan 553 Warga Binaan Pemasyarakatan Peroleh Remisi Natal 2021

Diketahui, Notaris dan Majelis Pengawas Daerah Notaris merupakan dua kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.

Hal ini karena peranan dan kewenangan Notaris sangat penting bagi kehidupan masyarakat, maka perilaku dan perbuatan notaris dalam menjalankan jabatan profesinya, rentan terhadap penyalahgunaan yang dapat merugikan masyarakat.

Sehingga diperlukan suatu lembaga atau badan yang bertugas untuk pengawasan dan pembinaan terhadap notaris.

Andi berharap, anggota Majelis Pengawas Daerah Notaris dan Notaris yang baru dilantik senantiasa melakukan tugas sehari-hari dengan baik.

“Dan juga berpedoman kepada Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2004 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2014 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2014 tentang jabatan notaris dan peraturan pelaksana lainnya serta kode etik notaris sehingga hal-hal yang tidak diinginkan dapat terhindari,” ujarnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala Divisi Administrasi, Agung Rektono Seto yang juga menjabat sebagai Kepala Divisi Peleyanan Hukum dan HAM, Kepala Bagian Umum, La Margono, Kepala Bidang Pelayanan Hukum, Christina Hiskya, dan Kepala Bidang Hukum, Mezak Batlajery. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved