Breaking News:

Nasional

Warga Urus Pindah Kota/Kabupaten atau Provinsi Hanya Perlu Buat Surat Keterangan

Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, Zudan Arif Fakrulloh menegaskan, ketentuan penyertaan surat keterangan d

Editor: Adjeng Hatalea
Kontributor TribunAmbon.com/Adjeng
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Ambon kini kembali membuka layanan secara luring  atau tatap muka dengan memperhatikan protokol kesehatan selama pandemi, Rabu (22/07/2020) 

JAKARTA, TRIBUNAMBON.COM - Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, Zudan Arif Fakrulloh menegaskan, ketentuan penyertaan surat keterangan dari RT/RW hingga desa/kelurahan sudah dihapus dalam proses pindah domisili penduduk.

Aturan itu tertuang dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 108 Tahun 2019 yang merupakan peraturan pelaksana dari Peraturan Presiden Nomor 96 Tahun 2018 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil.

Zudan menyatakan, cukup menunjukkan Kartu Keluarga dan tidak perlu Surat Keterangan Pindah (SKP) bagi warga yang hendak pindah dalam satu kabupaten/kota.

SKP hanya diterbitkan bagi warga yang melakukan perpindahan antar kabupaten/kota dalam satu provinsi atau antarprovinsi.

Berikut ini syarat dan proses penerbitan SKP:

Hanya perlu tunjukkan KK

Pasal 25 ayat (3) Peraturan Presiden Nomor 96 Tahun 2018 menyatakan, penerbitan surat keterangan pindah WNI dalam wilayah NKRI dilakukan pada Disdukcapil Kabupaten/Kota atau UPT Disdukcapil Kabupaten/Kota di daerah asal dengan menunjukkan KK.

Surat keterangan pindah digunakan sebagai dasar proses perubahan KK bagi kepala/anggota keluarga yang tidak pindah dan sebagai dasar penerbitan KK, KIA, atau e-KTP dengan alamat baru.

SKP untuk pindah kabupaten/kota atau provinsi

Secara lebih rinci, Pasal 30 Peraturan Mendagri Nomor 108 Tahun 2019 mengatur bahwa penduduk yang berencana melakukan perpindahan antarkabupaten/kota dalam satu provinsi atau antarprovinsi untuk mengisi dan menandatangani formulir biodata serta menyerahkan persyaratan yang telah ditentukan, yaitu KK.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved