Breaking News:

Nasional

BPOM Tetapkan Vaksin Moderna Setengah Dosis sebagai Booster

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menerbitkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) untuk vaksin Moderna dengan pemberia

Editor: Adjeng Hatalea
JOEL SAGET / AFP
Ilustrasi vaksin Moderna - Gambar kreatif ini diambil di sebuah studio di Paris pada 16 November 2020, menunjukkan jarum suntik dan botol vaksin dengan logo Moderna, menggambarkan pengumuman vaksin eksperimental terhadap Covid-19 dari Moderna yang 95% efektif. Terbaru, Moderna Mulai Menguji Vaksin Covid-19 pada Bayi Berusia 6 Bulan dan Anak di Bawah 12 Tahun. 

JAKARTA, TRIBUNAMBON.COM - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menerbitkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) untuk vaksin Moderna dengan pemberian setengah dosis sebagai vaksin booster.

Kepala BPOM Penny K Lukito mengatakan, vaksin Moderna setengah dosis diberikan untuk vaksin booster yang sifatnya homologus dan heterologus.

"Heterologusnya moderna adalah unfuk vaksin primernya adalah AstraZeneca, Pfizer, Johnson and Johnson dengan dosis setengah," kata Penny dalam konferensi pers secara virtual, Senin (10/1/2022).

Untuk diketahui, homologus adalah pemberian jenis vaksin yang sama dengan vaksin dosis pertama dan dosis kedua.

Sedangkan heterologus adalah pemberian jenis vaksin yang berbeda dari dosis pertama dan dosis kedua. Penny mengatakan, vaksin Moderna setengah dosis ini diberikan untuk kelompok dewasa usia 18 tahun ke atas.

"Ini menunjukkan respon imun antibodi netralisasi sebesar 13 kalinya," ujarnya.

Selain Moderna, BPOM juga menerbitkan izin penggunaan darurat terhadap Coronavac PT Bio Farma, Pfizer, AstraZeneca dan Zifivax sebagai vaksin booster.

Pemerintah sebelumnya memutuskan pelaksanaan vaskinasi dosis ketiga atau vaksin booster dimulai pada 12 Januari 2022.

Adapun kabupaten/kota yang bisa melaksanakan vaksin booster harus memiliki cakupan vaksinasi dosis pertama 70 persen dan dosis kedua 60 persen.(*)

(Kompas.com / Haryanti Puspa Sari / Dani Prabowo)

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved