Breaking News:

Vaksinasi Masal

Besok, Anak Usia 6 Hingga 11 Tahun di Ambon Terima Suntikan Vaksin Covid-19

Vaksinasi anak di bangku Sekolah Dasar (SD) ini dilangsungkan serempak di 64 lokasi mulai pukul 09.00 WIT.

Penulis: Tanita Pattiasina | Editor: Fandi Wattimena
Tanita
Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon, Ferdinand Tasso 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Tanita Pattiasina

AMBON, TRIBUNAMBON.COM – Anak usia 6 hingga 11 tahun di Kota Ambon akan menerima suntikan vaksin Covid-19 mulai besok, Selasa (11/1/2022).

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon, Ferdinand Tasso kepada wartawan di Balai Kota Ambon, Senin (10/1/2022) pagi.

“Rencana mulai dilaksanakan vaksinasi anak mulai besok 12 januari,” kata Tasso.

Vaksinasi anak di bangku Sekolah Dasar (SD) ini dilangsungkan serempak di 64 lokasi mulai pukul 09.00 WIT.

“Vaksinasi di 34 lokasi ditambah dari Dinas dan TNI Polri bergabung karena keterbatasan personil nakes jadi semua dilibatkan, tanggal 13 di 27 lokasi, 14 di 3 lokasi bersama TNI Polri,” lanjutnya.

Tasso menjelaskan, anak yang akan divaksin wajib didampingi orang tua termasuk siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) umur 11 tahun yang belum.

“Besok itu kita harapkan sesuai sosialisasi orang tua wajib mendampingi anak-anak usia 6-11 tahun saat vaksinasi, kita juga imbau siswa SMP yang belum vaksin usia 11 tahun bisa bergabung ke lokasi terdekat,” jealsnya.

Tambahnya, orang tua juga akan menandatangani surat pernyataan sebagai syarat perizinan anak dapat divaksin.

“Saat pelaksanaan vaksin orang tua akan TTD surat pernyataan, kita sudah siapkan surat dengan format dari Dinkes distribusi ke sekolah dan sekolah perbanyak untuk diteruskan ke orang tua dan datag sudah bawa surat pernyataan,” tambahnya.

Dia berharap, orang tua tak perlu takut anak mendapat Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) karena ada petugas kesehatan yang akan memantau.

Baca juga: Bakal Direnovasi 2023, Gedung Baru Disdukcapil Ambon Ada Cafenya

Baca juga: Rayakan HUT ke-49, DPC PDIP Maluku Tengah Bakal Tanam Anakan Pohon Berkelanjutan

“Jika terjadi KIPI ada petugas kesehatan, hari ini ssuai arahan Kadis Kesehatan kita himbau pihak sekolah untuk bantu siapkan teh panas bagi siswa jika ada hal-hal KIPI ringan, orang tua wajib dampingi anak, jika tidak dampingi agak sulit bagi dinas tetap damping,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy mengungkapkan bagi anak usia 6 hingga 11 tahun hanya menggunakan jenis vaksin sinovac.

Hal itu pun telah sesuai petunjuk dari Kementerian Kesehatan RI.

“Untuk ana-anak sejauh ini yang baru disetujui itu menggunakan jenis vaksin sinovac. Sementara vaksin jenis lainnya belum mendapat persetujuan,” tandas Pelupessy. (*)

Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved