Breaking News:

Nasional

Kemenkes Sebut 99 Persen Kasus Omicron Bergejala Ringan dan OTG

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mencatat sebanyak 99 persen pasien Covid-19 yang terjangkit varian Omicron memiliki gejala ringan atau tergolong oran

Editor: Adjeng Hatalea
Freepik.com
Ilustrasi Virus Corona Varian Omicron. 

JAKARTA, TRIBUNAMBON.COMKementerian Kesehatan (Kemenkes) mencatat sebanyak 99 persen pasien Covid-19 yang terjangkit varian Omicron memiliki gejala ringan atau tergolong orang tanpa gejala (OTG).

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes, Widyawati, menyampaikan hal ini dalam keterangan tertulis yang terbit pada Sabtu (8/1/2022).

“Sebanyak 99 persen kasus Omicron yang diisolasi memiliki gejala ringan atau tanpa gejala,” tulis Widyawati seperti dikutip dari keterangan tertulisnya.

Dalam keterangan yang sama, Widyawati juga mengatakan, berdasarkan pemantauan Kemenkes gejala paling banyak yang dialami pasien Omicron adalah batuk dan pilek.

“Sebagian besar kondisinya ringan dan tanpa gejala. Gejala paling banyak adalah batuk dan pilek,” ujarnya.

Lebih lanjut, Widyawati juga mengatakan ada 4,3 persen kasus memiliki komorbid seperti diabetes melitus dan hipertensi, serta 1 persen kasus membutuhkan terapi oksigen.

Widyawati juga menyampaikan ada sekitar 97 persen kasus didominasi oleh pelaku perjalanan luar negeri dan berasal dari Provinsi DKI Jakarta.

 Secara kumulatif, menurut dia, kasus paling banyak berasal dari Turki dan Arab Saudi.

“Kemudian kebanyakan kasus konfirmasi Omicron adalah mereka yang sudah lengkap vaksinasi Covid-19,” imbuh dia. Diketahui, hingga Jumat (7/1/2022) sudah terdata sekitar 318 kasus Omicron di Tanah Air.

Hal ini berdasarkan adanya penambahan 57 kasus dalam hari yang sama.

Kebanyakan orang terinfeksi Omicron adalah mereka yang sudah divaksinasi lengkap dan tidak bergejala sampai bergejala ringan.

Adapun penambahan 57 orang itu terdiri dari tujuh orang transmisi lokal dan 50 orang pelaku perjalanan luar negeri.

Berdasarkan data Kemenkes, sejak awal kasus Omicron terdeteksi pada Desember 2021 hingga Jumat (7/1/2022), terdapat 23 kasus transmisi lokal dan 295 kasus dari pelaku perjalanan luar negeri.

(Kompas.com / Rahel Narda Chaterine / Rakhmat Nur Hakim)

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved