Breaking News:

Maluku Terkini

86 Anak di Kecamatan Namlea-Pulau Buru Disunat Gratis

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Dusun Rete, Nametek Key, Desa Namlea, Kecamatan Namlea, Kabupaten Buru, Sabtu (8/1/2022).

Penulis: Andi Papalia | Editor: Fandi Wattimena
TribunAmbon.com/ Andi Papalia
Sejumlah orangtua tengah mendampingi anak mereka yang disunat, Sabtu (8/1/2022) 

Laporan Kontributor TribunAmbon.com, Andi Papalia

NAMLEA, TRIBUNAMBON.COM - Sebanyak 86 anak di Kecamatan NamleaPulau Buru mengikuti kegiatan sunatan massal secara gratis yang dilaksanakan Komisariat Iqra Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Kabupaten Buru.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Dusun Rete, Nametek Key, Desa Namlea, Kecamatan Namlea, Kabupaten Buru, Sabtu (8/1/2022).

"Kegiatan sunatan massal bagian daripada menjaga kebersihan kita sebagai umat muslim, karena dalam islam kebersihan adalag sebagian dari iman, untuk itu kita harus diselesaikan dan tunaikan," kata Ketua DPRD Kabupaten Buru, M. Rum Soplesty, dalam sambutannya saat membukan kegiatan sunatan massal, Sabtu.

Dia juga berharap, kegiatan ini tidak sebatas seremonial, namun memiliki nilai dan manfaat luar biasa.

"Dengan gerakan sosial ini, semoga sangat bermanfaat untuk kita semua, mudah-mudahan bukan saja sebatas seremonial, tapi mempunyai nilai serta manfaat luat biasa," harap Soplestuny.

Baca juga: Tulehu Fc akan Jamu Alba Hatukau di Laga Final Soeratin Cup U-13 Maluku

Baca juga: Angka Pernikahan di Maluku Tengah Naik Dibandingkan Tahun 2020

Dia menyebutkan, banyak sekali organisasi pergerakan mahasiswa, namun mereka cuman bisa duduk menghabiskan waktu untuk berdiskusi dan ngopi, tapi tidak berbuat aksi nyata kepada masyarakat.

"Bukan saja gerakan sosial seperti ini dibuat, tapi untuk mewujudkan nilai-nilai keislaman, sebagai organisasi pergerakan mahasiswa islam, harus tetap istiqomah menunaikan dan menjalankan syariat islam, sesuai dengan tuntutan alqur'an dan hadits," ucapnya.

Selain itu, Ketua Majelis Pembina Komisariat Iqra PMII Buru, Hadrawi Lamani mengatakan, kegiatan sunatan massa ini yang keempat kalinya dibuat oleh PMII Cabang Kabupaten Buru.

Pertama kali dilaksanakan di Desa Kubalahin, Desa Namlea (Kampus Uniqbu), Desa Persiapan Marloso, dan Dusun Nametek Key.

"Saya mengucapkan banyak terima kasih, kepada Dinas Kesehatan dan Puskesmas Namlea, karena telah memberikan bantuan obat-obatan dan tenaga. Serta kepada ketua DPRD kabupaten Buru, yang mana telah memberikan bantuan finansial untuk kelancaran kegiatan sunatan massal ini," kata Lamani.

Dia mengungkapkan, 86 anak tersebut, diataranya laki-laki 56 orang, dan perempuan 12 orang. Dan dari berbagai desa di Kecamatan Namlea.

"86 anak di sunat, berasal dari Desa Jikumerasa, Lala, Wailihang, Ubung, Air Buaya, Wairuba dan Waimorat. Kegiatan sunatan massal gratis tersebut, sampai saat ini berjalan lancar tanpa ada halangan apapun," ungkapnya. (*)

Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved