Breaking News:

Kesehatan

Keseringan Pegang Mouse dan Keyboard Bisa Picu Carpal Tunnel Syndrome, Apa Itu?

Sebagian orang masih melakukan pekerjaan dari rumah atau work from home saat situasi pandemi Covid-19 melanda seperti sekarang.

Editor: Adjeng Hatalea
TribunAmbon.com/Adjeng
Ilustrasi Nyeri Tangan akibat Mouse dan Keyboard 

TRIBUNAMBON.COM - Sebagian orang masih melakukan pekerjaan dari rumah atau work from home saat situasi pandemi Covid-19 melanda seperti sekarang.

Saat WFH, kita pasti akan kerap menggunakan piranti seperti laptop/komputer dan tetikus/mouse atau keyboard untuk bekerja.

Seringkali penggunaan mouse dan keyboard yang berlebihan menjadi salah satu pemicu Carpal Tunnel Syndrome (CTS). CTS ditandai nyeri pada pergelangan tangan. Lalu, apa itu CTS? Apa saja gejala, penyebab, dan cara pencegahannya?

Apa itu CTS?

Melansir WebMD, (19/11/2021), CTS adalah suatu kondisi yang menyebabkan mati rasa, kesemutan, atau kelemahan pada tangan Anda. Hal ini terjadi karena tekanan pada saraf median yang membentang sepanjang lengan, melewati bagian di pergelangan yang disebut terowongan karpal (carpal tunner) dan berakhir di tangan.

Median mengontrol gerakan dan perasaan ibu jari Anda dan gerakan semua jari Anda kecuali kelingking Anda.

Gejala CTS

Dilansir dari MayoClinic, (14/7/2021), gejala CTS biasanya muncul secara bertahap, meliputi:

1. Kesemutan atau mati rasa.

Anda mungkin merasakan kesemutan dan mati rasa di jari atau tangan. Biasanya ibu jari dan telunjuk, jari tengah atau jari manis terpengaruh, tetapi bukan jari kelingking. Anda mungkin merasakan sensasi seperti sengatan listrik di jari-jari ini. Sensasinya mungkin menjalar dari pergelangan tangan ke lengan. Gejala-gejala ini sering terjadi saat memegang setir, telepon atau koran, atau mungkin membangunkan dari tidur. Banyak orang "menjabat" tangan mereka untuk mencoba meredakan gejalanya. Perasaan mati rasa dapat menjadi konstan dari waktu ke waktu.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved