Breaking News:

Nasional

KSAL Sebut Prajurit Kowal Berhak Gabung Pasukan Khusus

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono mengatakan bahwa tidak menutup kemungkinan prajurit Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) dapat b

Editor: Adjeng Hatalea
(Kompas.com / Achmad Nasrudin Yahya)
KSAL Laksamana Yudo Margono di Mabesal, Jakarta.(Kompas.com / Achmad Nasrudin Yahya) 

JAKARTA, TRIBUNAMBON.COM - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono mengatakan bahwa tidak menutup kemungkinan prajurit Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) dapat bergabung ke dalam pasukan khusus milik TNI AL.

Menurut Yudo, pasukan khusus tersebut bisa Komando Pasukan Katak (Kopaska) maupun Detasemen Jalamangkara (Denjaka).

"Kalau KRI mereka sudah ada. Mereka juga terjun tempur juga sudah dilaksanakan. Yang di pasukan khusus memang belum ada, nanti kita evaluasi ke depan, kalau memungkinkan, mereka mampu, ya kenapa tidak," ujar Yudo usai memimpin upacara peringatan HUT ke-59 Korps Wanita TNI Angkatan Laut (Kowal) di Mabes TNI AL, Jakarta, Rabu (5/1/2022).

Yudo menyampaikan bahwa prajurit Kowal mempunyai hak yang sama dengan prajurit pria.

Menurutnya, sejauh ini banyak prajurit Kowal yang mampu menunjukkan kemampuannya.

"Mungkin nanti kalau mereka memang memiliki kemampuan yang lebih, kita akan tempatkan di pasukan khusus," kata mantan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I (Pangkogabwilhan I) itu.

Selain itu, di usia yang ke-59, Yudo mengatakan, Kowal telah membuktikan komitmen dan konsistensinya bahwa kodrat kewanitaannya sama sekali tidak menghalangi hak dan kewajibannya mengabdi kepada negara. Karena itu, Kowal memiliki tanggung jawab yang sama dengan prajurit lainnya.

Sejalan dengan itu, Yudo menyatakan bahwa sebagai representasi wanita Indonesia, Kowal harus senantiasa menjunjung tinggi kehormatan, menjaga tutur kata, etika, perilaku, dan penampilan.

Hal itu baik dilakukan dalam kedinasan maupun di kehidupan sehari-hari. "Hal ini selaras dengan sesanti Korps Wanita TNI Angkatan Laut, pengabdian dan kehormatan adalah jiwaku," kata Yudo.

(Kompas.com / Achmad Nasrudin Yahya / Dani Prabowo)

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved