Breaking News:

Maluku Terkini

KUA Masohi Sarankan Calon Pengantin Wakaf Alqur'an Sebelum Menikah

Warga Kota Masohi disarankan untuk mewakafkan Al-Qur'an dan buku Iqro saat pendaftaran nikah di Kantor KUA sebelum pernikahan dilangsungkan.

Penulis: Lukman Mukadar | Editor: Adjeng Hatalea
TribunAmbon.com/Lukman
MALUKU: Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Kota Masohi, Makatita Rumbaroa saat di wawancarai di Ruang Kerjanya, Rabu (5/1/2021). 

Laporan Kontributor TribunAmbon.com, Lukman Mukaddar

MASOHI,TRIBUNAMBON.COM - Warga Kota Masohi disarankan untuk mewakafkan Al-Qur'an dan buku Iqro saat pendaftaran nikah di Kantor KUA sebelum pernikahan dilangsungkan.

Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kota Masohi, Makatita Rumbaroa menjelaskan, program wakaf Alqur'an dan buku Iqro tersebut sebenarnya sudah berjalan kurang lebih dua tahun belakangan ini, dan itu merupakan program yang dicetuskan Mantan Kepala Kantor Kementerian Agama Hanafi Rumatiga saat menjabat di Maluku Tengah.

"Ini memang program yang dicetuskan oleh Mantan Kepala Kantor pak Hanafi Rumatiga, dan kita sudah jalan sudah sekitar dua tahun ini," kata Rumbaroa kepada tribunAmbon.com di Ruang Kerjanya, Rabu (5/1/2022).

Dikatakan, dalam pelaksanannya, tidak ada pemaksaan ataupun syarat wajib dalam proses pendaftaran pernikahan, namun lebih kepada anjuran saja.

Artinya, setiap pasangan pengantin yang datang untuk mendaftarkan rencana ijab kabul dilakukan, para calon pengantin diambil keterangan atau biodata diri terlebih dahulu sebelum dilakukan pembayaran.

"Kita anjurkan bagi calon pengantin untuk Wakafkan Al-Qur'an dan Iqro," ujar Mantan KUA Kecamatan Amahai itu.

Lebih ia mengatakan, alasan wakaf Alqur'an di sarankan agar calon pengantin dan kedua orang tua mendapatkan ganjaran pahala atau amal jariah dari pemberian Alquran itu.

"Alasannya itu, kita mau agar setiap pengantin itu mendapatkan pahala. Harapannya setelah menikah nanti bisa memiliki anak yang Sholeh dan Sholehah, selain itu pahala itu juga mengalir kepada kedua orang tua dari calon pengantin itu," jelas Rumbaroa.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved