Breaking News:

Global

Tekan Penyebaran Omicron, Malaysia Tangguhkan Perjalanan Umrah

Malaysia akan menangguhkan perjalanan umrah ke Arab Saudi mulai Sabtu (8/2/2022) sebagai bagian dari upaya untuk menekan penyebaran Covid-19 varian Om

Editor: Adjeng Hatalea

KUALA LUMPUR, TRIBUNAMBON.COM - Malaysia akan menangguhkan perjalanan umrah ke Arab Saudi mulai Sabtu (8/2/2022) sebagai bagian dari upaya untuk menekan penyebaran Covid-19 varian Omicron.

Kebijakan tersebut disampaikan oleh Menteri Kesehatan Malaysia, Khairy Jamaluddin dalam konferensi pers yang diselenggarakan pada Sabtu (1/1/2022).

Pemerintah Malaysia terpaksa menangguhkan perjalanan umrah kali ini karena khawatir tentang jemaah yang melanggar karantina rumah setelah kembali dari Mekkah.

“Sebagian besar jemaah yang kembali dari melakukan umrah mengajukan untuk menjalani karantina tujuh hari di rumah. Namun, ketika ada ketidakpatuhan terhadap prosedur operasi standar yang ditetapkan, kasus positif Covid-19 di antara jemaah umrah dapar menyebabkan infeksi menyebar di antara anggota keluarga, ”kata Khairy sebagaimana dilaporkan Channel News Asia, Minggu (2/2/2022).

Khairy menegaskan apabila jemaah sekembalinya dari umrah tidak mematuhi prosedur karantina, anggota keluarga yang tinggal di rumah yang sama atau tetangga dan kerabat yang datang berkunjung bisa terpapar Covid-19. “Pemesanan tiket penerbangan umrah baru ditangguhkan pada hari Sabtu depan,” katanya.

Menteri Kesehatan Malaysia menambahkan bahwa jemaah yang kembali ke Malaysia mulai 3 Januari mendatang harus dikarantina di fasilitas yang ditunjuk.

“Peziarah yang berangkat ke Tanah Suci (Mekah) antara 1 dan 7 Januari akan diizinkan untuk melanjutkan perjalanan mereka.

Namun, mereka perlu menjalani karantina di stasiun karantina atau hotel yang diidentifikasi oleh NADMA (Badan Penanggulangan Bencana Nasional) sekembalinya ke Malaysia,” katanya.

Infeksi Omicron di Malaysia Malaysia sendiri telah mencatat 64 kasus Omicron pada 31 Desember, 32 di antaranya melibatkan jemaah umrah.

Ada juga sembilan cluster yang melibatkan jemaah haji.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved