Breaking News:

Tren

Kenali Bahaya Jika Mata Terkena Abu Rokok dan Bagaimana Cara Mengobatinya

Beberapa orang mengeluhkan matanya terkena abu rokok ketika sedang berkendara di jalan. Ketika abu rokok masuk ke mata, konsentrasi seseorang bakal te

Editor: Adjeng Hatalea
MarcBruxelle
Ilustrasi berhenti merokok (MarcBruxelle) 

TRIBUNAMBON.COM - Beberapa orang mengeluhkan matanya terkena abu rokok ketika sedang berkendara di jalan. Ketika abu rokok masuk ke mata, konsentrasi seseorang bakal terganggu karena mata terasa tidak nyaman dan refleks tangan biasanya bakal mengucek mata.

Refleks mata kelilipan abu rokok ini ternyata tidak tepat karena bisa berisiko bagi kesehatan indra penglihatan.

Sebenarnya, regulasi yang mengatur pengemudi kendaraan bermotor dilarang merokok sembari berkendara di jalan sudah ada sejak 2019.

Namun, hingga kini tetap saja masih ada pengendara yang nekat melakukannya.

Berikut penjelasan apa saja bahaya mata terkena abu rokok dan cara mengatasinya.

Bagaimana dampaknya jika mata terkena abu rokok?

Paparan abu rokok yang masuk ke mata dapat menyebabkan iritasi mata. Ketika mata kelilipan abu rokok ini dikucek, seseorang rawan mengalami abrasi kornea mata.

Melansir Emedicine, abrasi kornea mata menyebabkan kornea atau lapisan pelindung mata tergores dan mengalami peradangan.

Beberapa gejala abrasi kornea yang perlu diwaspadai di antaranya mata rasanya seperti terganjal benda asing atau kelilipan, dan kornea terasa lecet.

Selain itu, penderita juga merasakan gangguan penglihatan atau pandangan jadi kabur, mata terasa sakit saat terkena cahaya terang, otot di sekitar mata kejang sehingga penderita jadi sering memicingkan mata, serta mata berair.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved