Breaking News:

Maluku Terkini

Mantapkan Layanan Go-Digital, 18 Operator Kecamatan Terima Pelatihan Layanan Adminduk

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Maluku Tengah beri pelatihan dan penerapan Dukcapil Go-Digital dan Inovasi

Penulis: Lukman Mukadar | Editor: Fandi Wattimena
TribunAmbon.com/ Lukman Mukadar
Pelatihan layanan Adminduk oleh Disdukcapil Maluku Tengah di Masohi. Kamis (2/12/2021). 

Laporan Kontributor TribunAmbon.com, Lukman Mukaddar

MASOHI,TRIBUNAMBON.COM - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Maluku Tengah beri pelatihan dan penerapan Dukcapil Go-Digital dan Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) ke Operator Kecamatan di Ibu kota Pamahanu Nusa itu.

Kegiatan dipusatkan di Disdukcapil setempat dan menghadirkan peserta dari operator dari 18 Kantor Camat yang tersebar di  daerah itu.

Kegiatan tersebut bertujuan agar rencana pelimpahan layanan seperti cetak adminduk milik warga pada tingkat Kecamatan dan desa atau negeri dapat terlaksana.

Administrator database (ADB) Disdukcapil Maluku Tengah, Wahyu yang dikonfirmasi Jumat (3/12/2021) mengatakan, pelatihan tersebut bertujuan agar operator atau calon operator bisa memahami cara pengusulan pembuatan atau perubahan adminduk kepada operator Disdukcapil di Masohi via platform digital. 

Pengajuan pembuatan adminduk bisa dari Kecamatan atau Desa baik lewat daring ataupun luring.

Baca juga: Pimpin Misi Dagang di Maluku, Gubernur Jawa Timur Disambut Sholawat

Baca juga: Serahkan Jabatan Sekot ke Rulien Evrien Purmiasa, A.G Latuheru; Saya Siap Bantu

Setelah data lengkap sesuai persyaratan kemudian diajukan kepada operator yang ditugaskan di Masohi.

"Jika sudah sesuai dan dikerjakan sesuai usulan, operator akan kirim balik data lewat gmail operator dan bisa dicetak di tempat bapak/ibu (Di Kecamatan atau Negeri)," kata Wahyu pegawia Disdukcapil setempat.

Sementara itu Kepala Dinas Dukcapil Maluku Tengah, Nova Anakotta mengatakan dinas yang dipimpinnya terus berbenah dalam memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat. 

"Dengan pelayanan digitalisasi ini, warga Maluku Tengah tidak perlu susah-susah ke kantor Catatan Sipil," ujar Anakotta.

Anakotta berharap inovasi pelayanan tersebut dapat didukung penuh oleh Pemerintah Kecamatan atau Pemerintah Negeri. 

Agar Disdukcapil Maluku Tengah dapat menjaga capaian pencetakan adminduk biar tidak alami penurunan. Selain itu berbagai kebutuhan warga akan adminduk dapat tertangani dengan cepat. (*)

Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved