Breaking News:

Ambon Terkini

DPRD Kota Ambon Segera Hadirkan BPBD Pastikan Pencairan Dana Gempa Tahap II

Anggota Komisi I DPRD Kota Ambon, Christianto Laturiuw memastikan, pihaknya segera hadirkan BPBD untuk menanyakan progress pencairan dana gempa 2019 t

Penulis: Mesya Marasabessy | Editor: Adjeng Hatalea
TribunAmbon.com/Mesya
AMBON: Anggota Komisi I DPRD Kota Ambon, Christianto Laturiuw saat diwawancarai di Baileo Belakang Soya Ambon, Selasa (30/11/2021) siang. 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Mesya Marasabessy

AMBON, TRIBUNAMBON.COM – Anggota Komisi I DPRD Kota Ambon, Christianto Laturiuw memastikan, pihaknya segera hadirkan BPBD untuk menanyakan progress pencairan dana gempa 2019 tahap II dalam minggu ini.

Pasalnya, hingga saat ini, bantuan tersebut tak kunjung direalisasikan kepada masyarakat terdampak gempa.

“Dalam minggu ini kami harus segera melakukan pemanggilan untuk konfirmasi dengan BPBD terkait progress sampai dengan proses pengusulan,” kata Christianto kepada wartawan di Baileo Belakang Soya Ambon, Selasa (30/11/2021) siang.

Menurutnya, BPBD Kota Ambon harusnya menjelaskan kepada DPRD maupun masyarakat terkait dengan alasan keterlambatan pencairan dana gempa tahap II.

Mengingat, masyarakat korban gempa sendiri selalu mendatangi DPRD untuk menanyakan kapan bantuan dana itu akan disalurkan.

“Masa korban dari tahun 2019 sampai saat ini belum mendapat kejelasan terkait bantuan dana gempa? Ini kendalanya dimana. Apa dari proses pendataan atau memang tidak ada uang,” ungkapnya.

“Kami belum mendapat informasi atau data apapun soal langkah apa terkait dengan bantuan dana ini,” ungkapnya.

Sebelumnya untuk pencairan tahap I, pemerintah telah menyalurkan bantuan pembersihan lokasi rumah dan dana tunggu kepada korban sejak Agustus 2020 lalu.

Total bantuan yang dikirimkan kepada seluruh korban gempa Ambon mencapai Rp 35,7 miliar.

Rinciannya, 306 kepala keluarga yang rumahnya rusak berat mendapatkan masing-masing Rp 50 juta dan 394 kepala keluarga yang rumahnya rusak sedang mendapatkan masing-masing Rp 30 juta.

Sedangkan 931 kepala keluarga yang mengalami rusak ringan mendapatkan bantuan masing-masing Rp 10 juta.(*)

Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved