Breaking News:

Hari Guru Nasional

Pemerintah Jamin Kesejahteraan Guru akan Ditingkatkan

Wakil Presiden Ma'ruf Amin berjanji bahwa pemerintah akan meningkatkan kesejahteraan guru di samping memperbaiki kualitas pendidikan. Hal tersebut dis

Editor: Adjeng Hatalea
TribunAmbon.com/ Lukman Mukadar
Sejumlah guru SD Negeri 8 Masohi tengah bercengkrama. 

JAKARTA, TRIBUNAMBON.COM - Wakil Presiden Ma'ruf Amin berjanji bahwa pemerintah akan meningkatkan kesejahteraan guru di samping memperbaiki kualitas pendidikan. Hal tersebut disampaikan Ma'ruf dalam rangka Hari Guru Nasional yang jatuh pada Kamis (25/11/2021).

"Dari satu profesi guru, lahirlah berbagai profesi lainnya, pemerintah akan terus memperbaiki kualitas pendidikan termasuk meningkatkan kesejahteraan guru," kata Ma'ruf dikutip dari keterangan persnya.

Ma'ruf mengatakan, guru bukan sekedar profesi melainkan bakti mulia para pendidik untuk membentuk karakter, mengasah kemampuan dan mempersiapkan masa depan sebuah bangsa.

Ma'ruf pun mencontohkan Jepang yang bisa bangkit kembali oleh peran para guru pasca bom atom di Hiroshima dan Nagasaki pada tahun 1945.

"Di Indonesia, kita pun memiliki pahlawan-pahlawan kemerdekaan yang membaktikan diri sebagai pendidik anak bangsa. Seperti Ki Hajar Dewantara, Dewi Sartika, dan lainnya," ujar dia.

Ma'ruf mengatakan, selama ini guru dikenal sebagai pahlawan tanpa tanda jasa tetapi jasa mereka sangat besar.

Sebab selain menjadi teladan dan suluh kehidupan, kata dia, guru juga telah menjadi sumber kekuatan bagi kemajuan bangsa.

Oleh karena itu, peran guru pun sangat vital dan tidak tergantikan di tengah kemajuan teknologi saat ini.

Apalagi, kata dia, pemerintah saat ini tengan mendorong kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia menjadi lebih maju.

"Saat ini pemerintah terus berupaya mendorong kualitas SDM menuju Indonesia maju. Di tengah kemajuan teknologi, peran guru amat vital tidak tergantikan," ujar Ma'ruf.

Ma'ruf mengatakan, guru merupakan sosok yang menginspirasi dan memotivasi anak bangsa.

Menurut dia, peran para guru dalam menavigasi putra-putri bangsa di tengah berbagai tantangan dunia modern semakin penting.

"Kepada kalian para guru, kami semua ucapkan terima kasih atas dedikasi yang tulus dalam memyemai tunas-tunas bangsa," kata dia. "Selamat hari guru, Indonesia maju karena baktimu yang tidak kenal waktu," ucap Ma'ruf.

(Kompas.com / Deti Mega Purnamasari / Diamanty Meiliana)

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved