Breaking News:

Nasional

Epidemiolog soal Gelombang Covid-19: Kuartal Pertama 2022 Masa Kritis yang Menentukan

Peneliti pandemi sekaligus epidemiolog Griffith University, Australia, Dicky Budiman mewanti-wanti, kuartal pertama 2022 menjadi waktu yang sangat men

Editor: Adjeng Hatalea
TribunAmbon.com/Ridwan
AMBON: Aktivitas di Pasar Mardika Ambon. 

TRIBUNAMBON.COM - Peneliti pandemi sekaligus epidemiolog Griffith University, Australia, Dicky Budiman mewanti-wanti, kuartal pertama 2022 menjadi waktu yang sangat menentukan.

"Nampaknya untuk level Indonesia, kuartal pertama tahun depan akan menjadi masa yang cukup kritis untuk menentukan perjalanan kita ke depan," kata Dicky, saat dihubungi Kompas.com, Senin (22/11/2021).

Selain adanya momentum libur panjang akhir tahun yang efeknya baru terasa beberapa waktu setelahnya, Dicky menyebut kondisi pandemi global juga belum sepenuhnya terkendali.

Seperti di sebagian besar wilayah Eropa yang kini menghadapi gelombang (Covid-19) yang besar.

"Setiap Eropa bergolak atau mengalami gelombang yang besar itu Indonesia juga akan mengalami. Dan umumnya, dari setiap gelombang yang terjadi Indonesia selalu belakangan mengalami dampaknya, ada selisih sekitar 3-4 bulan dari sejak gelombang itu terjadi di Eropa," ujar Dicky sebelumnya kepada Kompas.com, (15/11/2021).

Tingkat kekebalan kelompok di RI masih rendah

Dicky menyebut, tingkat kekebalan kelompok yang terbentuk di Indonesia terbilang masih kurang signifikan, yakni di kisaran 60 persen.

Sebesar 40 persen dari hasil vaksinasi. Sisanya dari orang yang sudah pernah terinfeksi.  

"Artinya ada 40 persen kurang lebihi dari penduduk kita yang sangat rawan dan bisa menjadi 'bahan bakar' terjadinya ledakan atau gelombang berikutnya," ujar Dicky.

Libur akhir tahun, ledakan di Eropa, dan masih rendahnya tingkat kekebalan masyarakat kita, semua realita itu harus diwaspadai bersama. "Ini yang menjadi kombinasi dengan adanya masyarakat yang masih rawan," ujar dia.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved