Breaking News:

Maluku Terkini

Ambon Dua Kali Berturut-turut Menang Lomba Festival Pangan Lokal B2SA Provinsi Maluku

Prestasi yang sama Kembali diukir setelah berhasil mengalahkan 10 Kabupaten/Kota lainnya pada tahun 2019 lalu.

Penulis: Tanita Pattiasina | Editor: Fandi Wattimena
Sumber; Humas Pemprov Maluku
Penyerahan Piala Bergilir Gubernur Maluku kepada Kota Ambon sebagai Pemenang Lomba Festival Pangan Lokal B2SA tingkat Provinsi Maluku tahun 2021, Kamis (18/11/2021) 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Tanita Pattiasina

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - Tim Penggerak PKK Kota Ambon kembali jadi Juara Umum Lomba Festival Pangan Lokal B2SA Untuk Penanganan Stunting tingkat Provinsi Maluku tahun 2021.

Prestasi yang sama Kembali diukir setelah berhasil mengalahkan 10 Kabupaten/Kota lainnya pada tahun 2019 lalu.

Kemenangan ini karena Tim Penggerak PKK Kota Ambon berhasil meraih juara pertama pada kategori Penanganan Stunting dan juara kedua kategori Produk Komersial.

Pengumuman pemenang disampaikan saat pembukaan Rapat Konsultasi TP PKK Tingkat Provinsi Maluku dan Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke -49 tahun 2021, di Islamic Center, Kamis (18/11/2021).

Ketua TP PKK Kota Ambon, Debbie Louhenapessy, mengatakan untuk lomba ini, persiapan dilakukan secara maksimal dan belajar dari tahun 2021 saat lomba B2SA di Palangkaraya.

Baca juga: Jelang Pengukuhan Raja, Panitia dan Pemneg Assilulu gelar Vaksinasi Massal

Baca juga: Selebgram Ambon dipulangkan, Direktur LBH PMM Nilai Langkah Ditreskrimsus Tidak Tepat

“Saya mulai evaluasi. Kami salah di mana. Apalagi kami dipercayakan oleh ketua TP PKK Provinsi Maluku. Jadi kalau beliau tanya, kita bisa sampaikan seperti apa. Saya berusaha menjumpai ketua juri nasional dan sharing begitu banyak. Di situlah titik awal saya merubah seluruh proses untuk bagaimana bisa mengajari setiap keluarga untuk mereka mengerti menu B2SA ini,” Kata Louhenapessy

Disebutkannya, kesalahannya waktu itu berada pada ahli gizi yang digunakan, Karena ahli gizi yang dipakai untuk orang sakit padahal B2SA itu untuk orang sehat.

“Akhirnya kami bertemu seorang profesor di IPB Bogor. Dengan didampingi ahli gizi dari kota Ambon, kita sama-sama belajar di MPA training Consulting di Bogor selama 3 hari. Dari situ kami mulai sosialisasi. Hal ini juga dibicarakan ke ketua dewan pembina TP PKK Kota Ambon yaitu Walikota. Beliau menyetujui untuk disosialisasikan secara merata,” jelasnya.

Setelah itu, istri Wali Kota ini lantas mensosialisasikan kepada semua TP PKK khususnya Pokja 3 dan diikuti juga ahli gizi yang ada di kota Ambon.

“Inilah titik awal kami mulai mengerti, untuk kemudian saya bisa tau, setiap desa kelurahan mengerti,” tandasnya.

Adapun daftar juara Festival Pangan Lokal B2SA, untuk Kategori Penanganan Stunting Juara 1 diraih Kota Ambon; Juara 2 Kabupaten Maluku Tenggara; Juara 3 Kabupaten Buru Selatan; Harapan 1 Kabupaten Maluku Barat Daya; Harapan 2 Kabupaten Seram Bagian Barat; dan Harapan 3 Kota Tual.

Kategori Produk Komersial Juara 1 diraih Kabupaten Maluku Barat Daya; Juara 2 Kota Ambon; Juara 3 Kabupaten Maluku Tengah; Harapan 1 Kabupaten Seram Bagian Timur; Harapan 2 Kabupaten Kepulauan Aru; serta Harapan 3 Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved