Breaking News:

Maluku Terkini

Paparkan Capaian Area Perubahan Zi Menuju Wbk-Wbbm, Kakanwil Kemenkumham Maluku Tampil Optimal

Kegiatan tersebut diikuti melalui sambungan video conference oleh seluruh Tim Pokja WBK/WBBM Kanwil Kemenkumham Maluku.

Editor: Fandi Wattimena
Sumber; Kemenkumham Maluku
Evaluasi Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) Kanwil Kemenkumham Maluku 

AMBON, TRIBUNAMBON.COM – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) evaluasi Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Maluku.

Evaluasi oleh tim penilai ini digelar di kantor Kemenkumham Maluku, kawasan Waihaong, Kota ambon, Rabu (17/11/2021).

Kegiatan tersebut diikuti melalui sambungan video conference oleh seluruh Tim Pokja WBK/WBBM Kanwil Kemenkumham Maluku.

Tim Pokja terdiri dari 6 area perubahan, dengan rincian Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas, JFT dan JFU.

Selanjutnya, hadir sebagai evaluator dari Kemenpan-RB, Firmansyah serta dari ruangan virtual yang sama juga hadir Kurniawan selaku Pendamping yang merupakan Tim Penilai Internal (TPI) Kelas C Kanwil Maluku.

Dalam pemaparan, Andi Nurka diberikan keleluasaan waktu selama 20 menit, selaku Kakanwil sekaligus Penanggung Jawab ZI, Ia berhasil memaksimalkan kesempatan yang diberikan oleh TPN untuk memaparkan sejumlah perubahan-perubahan sejak awal pembangunan ZI hingga dilakukannya Desk Evaluasi ZI oleh KemenPAN-RB.

Menurutnya, telah banyak perubahan dan percepatan pelayanan dari pelayanan pemasyarakatan, imigrasi, hingga pelayanan hukum yang telah dilakukan oleh Jajarannya.

Evaluasi Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) Kanwil Kemenkumham Maluku
Evaluasi Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) Kanwil Kemenkumham Maluku (Sumber; Kemenkumham Maluku)

Baca juga: Kanwil Kemenkumham Maluku Gelar Diseminasi dan Promosi Kekayaan Intelektual

Baca juga: Dilantik Jokowi, Jenderal Andika Perkasa Resmi Jadi Panglima TNI

Dari yang dulunya semua dilakukan secara manual hingga akhirnya dilakukan inovasi pemberian pelayanan secara digital.

“Telah banyak upaya yang kita lakukan dalam melakukan percepatan dalam pelayanan, kita pahami bahwa diera digital sekarang ini masyarakat dari masa ke masa telah melek teknologi yang memacuh kita juga untuk menciptakan inovasi sebagai wujud pemberian pelayanan yang menjangkau semua masyarakat dari kota hingga kepelosok pulau-pulau terkecil” terang Andi.

Lebih lanjut menambahkan pernyataan dari Kakanwil, Kepala Divisi Administrasi, Agung Rektono Seto menjabarkan beberapa Inovasi pelayanan digital yang berhasil diciptakan oleh pegawai; Adapun inovasi tersebut diantaranya Siap Ladeni (Sistem Informasi Pelaporan Deteksi Dini), LITPAS KUMHAM (Layanan Izin Penelitian Pemasyarakatan) dan SIWALIMA.

Menurutnya aplikasi yang hadir merupakan inovasi untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan, bukan hanya pada Kantor Wilayah tapi juga pada Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan dan Keimigrasian Se-Provinsi Maluku.

Turut menanggapi pertanyaan yang dilontarkan oleh evaluator terkait mitigasi resiko, Kepala Divisi Keimigrasian, Muh. Yani Firdaus secara runtut menjelaskan risk assessment, dari mind mapping, identifikasi hingga pemecahan masalahnya.

“Sebelum melakukan risk assessment, terlebih dahulu kita lakukan mind mapping, berlanjut ke identifikasi, setelah kita tahu permasalahan dan risikonya barulah kita pertimbangkan pemecahannya akan kita lakukan seperti apa” jelas Yani.

Mengakhiri desk evaluasi tersebut, kakanwil memberikan closing statement seraya memberikan ungkapan terima kasih atas kesempatan yang diberikan.

“Terima kasih atas kesempatan yang diberikan, lewat kesempatan ini kami dengan tekad yang kuat, meskipun kami berada di timur Indonesia, jauh dari pusat Ibukota kami mempunyai komitmen memajukan Maluku melalui pemberian pelayanan hingga kepelosok pulau-pulau yang sulit untuk dijangkau” tutupnya. (*)

Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved