Breaking News:

Maluku Terkini

Kejar Target Capaian, Dinas Satpol PP Buru Gelar Vaksinasi Covid-19 Massal

Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Buru, malalui Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) menggelar vaksinasi massal Covid-19, di Namlea, Kabup

Penulis: Andi Papalia | Editor: Adjeng Hatalea
TribunAmbon.com/Andy
Warga tengah disuntik vaksin oleh petugas vaksinasi, Rabu (17/11/2021) 

Laporan Kontributor TribunAmbon.com, Andi Papalia

NAMLEA, TRIBUNAMBON.COM - Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Buru, malalui Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) menggelar vaksinasi massal Covid-19, di Namlea, Kabupaten Buru, Rabu (17/11/2021).

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Kabupaten Buru, Karim Wamnebo mengatakan, kegiatan vaksinasi massal Covid-19 terus dilaksanakan untuk mengejar target capaian, karena presentasi pencapaian vaksinasi di Kabupaten Buru dinilai masih rendah.

"Vaksinasi massal hari ini, dalam rangka mendukung percepatan, untuk dapat meningkatkan presentasi vaksinasi di Kabupaten Buru," ungkap Karim Wamnebo, kepada TribunAmbon.com, saat diwawancarai disela kegiatan, Rabu, pagi.

Dirinya menjelaskan, beberapa waktu lalu, Buru berada pada level 1 Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), namun jumlah presentasi vaksinasi masih rendah, sehingga kembali ke level 2.

"Jumlah presentasi vaksinasi masih rendah, kurang lebih 23%, olehnya itu semua stakeholder punya tanggung jawab, termaksud Satpol PP, bekerjasama dengan beberapa OPD, seperti Disperindag, Dinkes, Puskesmas, dan BPBD, dalam rangka saling mendukung, untuk proses vaksinasi bisa berjalan dengan baik, dan angka presentasi melonjak, sesuai dengan target ditetapkan oleh, Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten," ujarnya

Dia menyebutkan, target penerima vaksin hari ini sebanyak 220 orang, terdiri dari penerima vaksin dosis I dan II.

Selain itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Buru, Achdam Syahfan Umasugi menambahkan, pelaksanaan vaksinasi hari ini, bagian dari mendukung program pemerintah, supaya masyarakat segera divaksin.

"Program kali ini, kita lebih menekankan kepada para pedagang, karena aktivitas di pasar setiap hari ada, sehingga bisa terhindar dari penularan Covid-19," kata Umasugi.

Menurutnya, ini bagian dari sinergitas, antara Dinas Satpol PP dan Disperindag Kabupaten Buru.

"Sebelum melaksanakan vaksinasi secara massal, kami sudah sosialisasi kepada masyarakat, agar mengikuti vaksinasi yang dilaksanakan hari ini," ujarnya.

Kemudian, Ketua Tim Vaksinasi Fasilitas Pelayanan (Faskes) Puskesmas Namlea, Awi Kaplale mengatakan, ada tiga jenis vaksin yang digunakan dalam pelaksanaan vaksinasi massal, yakni, Fpizer, Sinovac dan Moderna.

"Vaksin jenis Fpizer sebanyak 40 vial, digunakan untuk dosis pertama, mulai dari usia 12 - Lansia, sementara vaksin jenis Sinovac sebanyak 28 vial, dan Moderna sebanyak 2 vial, digunakan untuk dosis kedua," ujar Kaplale

Pantauan TribunAmbon.com di lokasi, pukul 09.04 WIT, masyarakat sangat antusias untuk mengikuti program vaksinasi massal.

Bagi penerima vaksin dosis pertama, diwajibkan membawa KTP, kemudian untuk penerima dosis kedua, dibuktikan dengan surat vaksin dosis pertama.(*)

Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved