Breaking News:

Maluku Terkini

Yusuf Bessy Akan Polisikan Orang yang Mengaku Sebagai Raja Petuanan Lilialy

Yusuf Bessy mengatakan, akan mempolisikan oknum-oknum yang mengaku sebagai Raja Petuanan Lilialy.

Penulis: Andi Papalia | Editor: Salama Picalouhata
Andi Papalia
Raja Petuanan Lilialy menggelar pertemuan dengan Kepala Soa dan Saniri di kediaman Raja Lilialy Husen Bessy, di Lorong Noropito, Bandarangin, Namlea, Kabupaten Buru, Selasa (26/10/2021). 

Laporan Kontributor TribunAmbon.com, Andi Papalia

NAMLEA, TRIBUNAMBON.COM - Selaku Kepala Soa dari Petuanan Lilialy, Kabupaten Buru, Yusuf Bessy mengatakan, akan mempolisikan oknum-oknum yang mengaku sebagai Raja Petuanan Lilialy.

Hal ini diungkapkan Yusuf Bessy, saat menggelar konferensi pers di kediaman Raja Petuanan Lilialy, Husen Bessy, Lorong Noropito, Bandarangin, Namlea, Kabupaten Buru, Selasa (26/10/2021) kemarin.

"Saya mau inggatkan kepada oknum yang sering mengaku dirinya sebagai Raja Petuanan Lilialy, kalau ada kedapatan maka kami tidak segan-segan untuk melaporkan oknum tersebut ke rana hukum," kata Bessy.

Dia menjelaskan, Husen Bessy telah dipilih secara musyawarah adat, dengan dihadiri oleh Kepala Soa, Saniri Negeri, Toko Adat dan Toko Agama.

Husen Bessy sebutnya, sebagai salah satu mata rumah parentah, yang sah dari Bahadin Bessy, selaku orang pertama yang punya kewenangan untuk menduduki jabatan raja.

"Raja Husen Bessy sudah dikukuhkan secarah Adat, pada 6 Agustus 2015, dan diakui oleh Pemerintah Kabupate Buru, dalam hal ini Bupati Buru Rambly Ibrahim Umasugi, berdasarkan Permendagri Nomor 52 tahun 2014," jelasnya.

Menurutnya, apabila ada orang yang mengatakan Bupati tidak punya kewenangan terkait persoalan Raja itu salah.

"Sebaiknya mereka baca Permendagri Nomor 52 tahun 2014 biar tau dan pahami penjelasanya," tutur Bessy.

Dia mengungkapkan, masalah jabatan Raja Lilialy yang dipegang oleh Husen Bessy, sudah perna diproses sampai lewat pradilan hukum, yang dilaporkan oleh keluarga raja sendiri.

Namun, proses itu dimenangkan oleh Raja Husen Bessy, melalui Kasasi Mahkama Agung dan Putusan PK Mahkama Agung.

"Jadi Husen Bessy merupakan Raja Petuanan Lilialy sah di mata hukum," cetus Yusuf.

Dalam pertemuan tersebut, dihadiri oleh Raja Husen Bessy, empat Kepala Soa dari marga Bessy, Tinggapy, Turaha, dan Hatlesy, serta Saniri Negeri Raja Petuanan Lilialy.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved