Breaking News:

Update Covid 19

Kabar Gembira, Maluku Tengah Bebas Covid-19

Hari ini, Sabtu (23/10/2021) adalah hari baik bagi Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah, pasalnya kasus Covid-19 di kabupaten berjuluk Pamahanu Nusa itu

Penulis: Lukman Mukadar | Editor: Fandi Wattimena
Grafis Tribunnews.com/Ananda Bayu S
Ilustrasi UPDATE Covid-19. Jumlah kasus terkonfirmasi positif virus corona (Covid-19) di Indonesia 

Laporan Kontributor TribunAmbon.com, Lukman Mukaddar

MASOHI,TRIBUNAMBON.COM – Hari ini, Sabtu (23/10/2021) adalah hari baik bagi Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah, pasalnya kasus Covid-19 di kabupaten berjuluk Pamahanu Nusa itu dinyatakan nihil atau 0 kasus.

"Sore kemarin kita update informasi kalau dua orang pasien Covid yang isoman kemarin sudah dinyatakan sembuh. Sehingga praktis di catatan kita hari ini tidak ada lagi pasien Covid-19," kata Kepala Bidang Pencegahan Penyakit dan Obat-obatan, Dinas Kesehatan Kabupaten Maluku Tengah, Darwin Lessy kepada TribunAmbon.com, Sabtu.

Dia menjelaskan, indikator penularan Covid-19 di Kabupaten tertua di Maluku itu  terus menurun sejak awal Oktober.

Dimana sudah tidak ada lagi pasien terkonfirmasi yang dirawat di rumah sakit dan hanya menyisakan 8 pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri di rumah.

Kemudian kasus itu terus menurun seiring naiknya angka penyebuhan pada 21 Oktober kemarin dengan tersisa 2 kasus pada dua Kecamatan dari 18 Kecamatan yang ada di daerah itu.

Diantaranya, Kecamatan Salahutu dan Kecamatan Seram Utara Timur Seti.

Baca juga: Mantan Kadis PUPR Maluku Tengah Kini Jadi Peternak Ayam Petelur, Beromzet Puluhan Juta

Baca juga: Dispora: Tugas Kami Hanya Pengembangan Atlet, Lapangan Mandala Ambon Bukan Urusan Kami

"Sore kemarin kita update informasi kalau dua orang pasien Covid yang isoman kemarin sudah dinyatakan sembuh. Sehingga praktis di catatan kita hari ini tidak ada lagi pasien Covid-19," kata Lessy.

Sementara terkait status hijau ataukah tidak dia menyebutkan, tinggal menunggu informasi dari Kemenkes RI melaui tim Satgas Covid-19.

"Kemarin kita sudah kirim secara online ke Stagas provinsi nanti satgas Provinsi yang meneruskan data kita ke pusat, baru kita akan tau status kita apakah zona hijau atau level 1," ujar Lessy.

Lanjutnya, hal tersebut patut disyukuri sebagai anugerah dari Tuhan, disamping doa dan ikhtiar seluruh elemen masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan dan mengikuti program vaksinasi.

Meski demikian, Lessy mengingatkan hal tersebut tidak menjadikan kewaspadaan masyarakat pada penularan virus corona turun. Apalagi sampai euforia yang menjadikan kepatuhannya pada protokol kesehatan kian longgar.

“Tetaplah waspada, jangan sampai kebaikan yang kita raih hari ini sia-sia. Terus terapkan 5M dan ikuti program vaksinasi nasional bagi yang belum,” tandasnya. (*)

Sumber: Tribun Ambon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved