Breaking News:

Ambon Hari Ini

Empat Terdakwa Pemalsuan Hasil Rapid dan Genose C-19 Ambon Divonis 1 Tahun Penjara

Empat terdakwa pemalsuan surat rapid antigen dan GeNose di Ambon divonis satu tahun penjara oleh Ketua Majelis Hakim Pengadilan Negeri Ambon, Julianti

Penulis: Tanita Pattiasina | Editor: Fandi Wattimena
TribunAmbon.com/ Juna Putuhena
Ilustrasi Kasus Korupsi 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Tanita Pattiasina

AMBON, TRIBUNAMBON.COM – Empat terdakwa pemalsuan surat rapid antigen dan GeNose di Ambon divonis satu tahun penjara oleh Ketua Majelis Hakim Pengadilan Negeri Ambon, Julianti Wattimury.

Keempatnya yakni Rusman dan Mahmudin yang merupakan pegawai Angkasa Pura Support Ambon, Husni Suatrean alias nyong pegawai Travek Laperissa Noval, serta Rizky Nuralimi Rizdianto alias iki pegawai swasta.

“Menjatuhkan pidana oleh karena itu terhadap Para Terdakwa masing-masing dengan pidana penjara selama satu tahun,” kata majelis hakim dalam amar putusannya, Kamis (21/10/2021).

Majelis Hakim menyatakan keempat terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana sebagaimana diatur dalam pasal 263 ayat (1) KUHP Jo pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Baca juga: Pantai Ngurbloat Berbenah Sambut Puncak Festival Pesona Meti Kei

Baca juga: Tuntut 6 Tahun, Hakim Putus Ketua dan Bendahara Projek Jembatan Kujabi Hanya 1,6 Tahun Penjara

Diketahui sebelumnya, para terdakwa ditangkap di salah satu Travel di kawasan Jl AY Patty, Kota Ambon, yang dijadikan sebagai tempat pembuatan surat keterangan palsu tersebut.

Dari hasil penangkapan, polisi menyita sejumlah barang bukti, diantaranya uang tunai Rp 14,7 Juta, satu unit laptop, tiga unit komputer, sebuah printer dan sebuah cap stempel.

Sementara itu, modus yang dijalankan, yakni dengan cara menawari warga yang membeli tiket pesawat untuk mendapatkan surat rapid antigen dan GeNose tanpa mengikuti tes.

Aksi mereka sendiri telah dilakukan sejak April 2021 dan untuk surat rapid test antigen dipatok Rp 200 ribu sedangkan tes GeNose dibandrol Rp 50.000. (*)

Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved