Breaking News:

Maluku Terknini

Gelapnya Pendidikan di Wilayah Pegunungan Seram Utara, Latukarlutu Tawarkan Solusi sebagai Penerang

Untuk menyelesaikan masalah kesenjangan guru di wilayah itu, Etla menawarkan solusi ke pemerintah daerah berupa jaminan pendidikan

Penulis: Lukman Mukadar | Editor: Adjeng Hatalea
TribunAmbon.com/ Lukman Mukadar
Ketua Komisi I DPRD Maluku Tengah, Zeth Latukarlutu 

Laporan Kontributor TribunAmbon.com, Lukman Mukaddar

MASOHI,TRIBUNAMBON.COM - "Dari Pada Mengutuk Kegelapan Lebih Baik Nyalakan Sebatang Lilin".
Ini adalah sepenggal kata yang diibaratkan Anggota DPRD Maluku Tengah, Zeth Latukarlutu menyikapi "gelapnya" pendidikan di wilayah pegunungan Kecamatan Seram Utara, Kabupaten berjuluk Pamahanu Nusa itu.

Aleg Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dari Dapil 2 Seram Utara dan Utara Barat itu menyebutkan, selama ini masalah kesenjangan guru di Kecamatan Seram Utara masih menjadi momok bagi perkembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di daerah itu.

"Karena itu kita berharap pemerintah bisa melihat persoalan ini lebih serius. Sebab ini masalah hak pendidikan anak bangsa," kata Etla sapaan akrab Zeth kepada TribunAmbon.com di Masohi, Selasa (19/10/2021).

Dikatakan, masalah tersebut sudah berulang kali ia usulkan, namun lagi-lagi guru yang ditunjuk pemerintah daerah acapkali mangkir dari tugas.

Tidak betah dan lebih memilih pindah tugas.

"Selama ini kan banyak guru ditugaskan kesana, mereka hanya memiliki nota dinas tapi tidak mengajar disana,ujung-ujungnya karena punya koneksi minta pindah tugas," jelas Etla.

Untuk menyelesaikan masalah kesenjangan guru di wilayah itu, Etla menawarkan solusi ke pemerintah daerah berupa jaminan pendidikan kepada anak-anak desa setempat.

"Sebenarnya solusinya hanya satu, Pemda sekolahkan anak-anak adat setempat," saran Etla.

Tentunya kata Etla, jaminan pendidikan itu tidak secara cuma-cuma melsinkan dengan janji pengabdian secara tertulis sebagai bukti kesepakatan kedua belah pihak.

Halaman
12
Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved