Breaking News:

Nasional

Masuk ke Indonesia, Perwakilan Asing dan Keluarganya Boleh Karantina Mandiri di Rumah

Para perwakilan negara asing diperbolehkan melakukan karantina mandiri di rumah apabila memasuki Indonesia.

Editor: Adjeng Hatalea
Freepik
Karantina mandiri corona 

JAKARTA, TRIBUNAMBON.COM - Para perwakilan negara asing diperbolehkan melakukan karantina mandiri di rumah apabila memasuki Indonesia.

Hal tersebut berdasarkan aturan dalam Surat Edaran (SE) Nomor 20 Tahun 2021 Tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Internasional Pada Masa Pandemi Covid-19. Dilansir dari lembaran SE, Kamis (14/10/2021), perwakilan asing dan keluarganya tetap diwajibkan melakukan karantina selama lima hari saat tiba di Indonesia.

Hanya saja, karantina bagi mereka dapat dilakukan secara mandiri di kediaman masing-masing selama 5x24 jam.

Masih berdasarkan SE yang sama, diatur bahwa kewajiban karantina bagi WNA pelaku perjalanan internasional dikecualikan bagi pemegang visa diplomatik dan visa dinas yang terkait dengan kunjungan resmi/kenegaraan pejabat asing setingkat menteri ke atas.

Pengecualian juga berlaku bagi WNA yang masuk ke Indonesia melalui skema Travel Corridor Arrangement, sesuai prinsip resiprositas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Meski demikian, SE menegaskan bahwa setiap pelaku perjalanan internasional wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat melakukan perjalanan internasional masuk ke wilayah Indonesia.

Selain itu, setiap operator moda transportasi di titik pintu masuk (entry point) perjalanan internasional diwajibkan menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

Adapun SE yang diteken Ketua Satgas Covid-19, Ganip Warsito pada 13 Oktober 2021 ini mulai efektif berlaku sejak hari ini sampai dengan waktu yang akan ditentukan kemudian.

(Kompas.com / Dian Erika Nugraheny / Diamanty Meiliana)

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved