Breaking News:

Nasional

Pembukaan Bali untuk Wisman Disarankan Diuji Coba Terlebih Dahulu

Pakar Epidemiologi Griffith University Australia Dicky Budiman meminta pemerintah melakukan uji coba terlebih dahulu sebelum membuka sepenuhnya pariwi

Editor: Adjeng Hatalea
TribunAmbon.com/Adjeng
Pura Indah di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali. 

JAKARTA, TRIBUNAMBON.COM - Pakar Epidemiologi Griffith University Australia Dicky Budiman meminta pemerintah melakukan uji coba terlebih dahulu sebelum membuka sepenuhnya pariwisata Bali untuk wisatawan mancanegara.

Uji coba itu pun, kata dia, harus terbukti efektif tidak menimbulkan kasus baru Covid-19.

"Kalau rencana pembukaan kembali Bali, kalau setidaknya PPKM level 2 di Bali sudah satu bulan, itu memungkinkan diujicoba," kata Dicky kepada Kompas.com, Minggu (10/10/2021). Dalam uji coba itu, terang Dicky, mereka yang boleh masuk ke Bali adalah yang sudah mendapat vaksinasi Covid-19 lengkap.

Menurut dia, tidak perlu merujuk asal negara turis, tetapi yang dilihat adalah vaksinasi.

Selain itu, Covid-19 di negara asal turis tersebut terkendali dengan positivity rate masksima 5 persen.

Kemudian, selama 3 hari sebelum pergi ke Indonesia, turis harus dipastikan negatif Covid-19 melalui tes. Setibanya di Indonesia juga harus dites kembali dengan hasil negatif.

Termasuk sistem aplikasi PeduliLindungi yang harus sudah bisa mengakomodasi penerima vaksin luar negeri agar para turis asing itu bisa mengunduhnya.

"Kemudian dari sisi kesiapan lokasi, destinasi yang terpilih sudah diuji dulu sebelum pembukaan Oktober itu. Jadu harus ada uji dulu," kata Dicky.

Apabila tidak dilakukan uji coba atau uji coba yang dilakukan tidak matang, kata dia, akan ada masalah yang lebih serius apabila para wisatawan dari mancanegara itu datang ke Bali.

Dengan demikian menurut dia, untuk pembukaan wisata bagi wisatawan mancanegara di Bali itu pun agar tidak terlalu awal dilaksanakan.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved