Breaking News:

Nasional

Kemenkominfo Klaim Infrastruktur TV Digital Sudah Siap 77 Persen

Direktur Penyiaran, Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika (Ditjen PPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Geryant

Editor: Adjeng Hatalea
(DOK. Humas Kemkominfo)
Direktur Penyiaran, Direktorat Jenderal PPI, Kemenkominfo, Gerryantika Kurnia dan Wakil Komisi 1 DPR RI, Abdul Kharis Alamsyhari menjadi pembicara dalam Webinar bertema Siaran TV Digital Dari Selatan dan Utara Jawa, Rabu, (8/9/2021).(DOK. Humas Kemkominfo) 

TRIBUNAMBON.COM – Direktur Penyiaran, Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika (Ditjen PPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Geryantika Kurnia mengatakan, pemerintah terus memperluas cakupan siaran TV digital.

Saat ini, pembangunan infrastruktur multipleksing (MUX) yang menjadi tumpuan jangkauan siaran TV digital terus dipercepat.

MUX pun telah hadir dan sudah siap 77 persen di seluruh Indonesia.

“Sekarang ini siaran TV Digital sudah menjangkau 87 wilayah layanan dari total 112 wilayah layanan di Indonesia. Siaran TV digital sudah bisa diterima di semua ibu kota provinsi,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (7/10/2021).

Geryantika mengatakan itu dalam webinar bertema “Siaran TV Digital dari Selatan dan Utara Jawa”, Rabu, (8/9/2021).

Dia juga menjelaskan, telah ada 701 lembaga penyiaran yang secara bertahap memulai proses peralihan ke siaran TV digital.

“Saat ini, TVRI paling banyak mengelola MUX. Sudah ada 130 lokasi,” kata Geryantika.

Adapun, MUX merupakan infrastruktur dasar dalam penyiaran TV digital. Jumlah dan kesiapan MUX dipastikan terus bertambah ke depannya.

Setelah MUX terbangun, peralihan lembaga penyiaran yang ada di Indonesia dari analog ke digital diharapkan akan lebih cepat terlaksana.

Pada kesempatan lain, Sekretaris Jenderal Kemenkominfo Mira Tayyiba mengatakan, lembaga penyiaran swasta juga hampir semuanya sudah melakukan simulcast, yaitu siaran TV analog bersamaan dengan TV digital.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved