Breaking News:

Nasional

Kemenkes dan Kemendikbud Ristek Koordinasikan Penggunaan PeduliLindungi di Sekolah

Chief Digital Transformation Office (DTO) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Setiaji mengatakan, pihaknya tengah melakukan uji coba penggunaan aplikasi

Editor: Adjeng Hatalea
Tribun Jateng/Hermawan Handaka
Ilustrasi aplikasi PeduliLindungi - Petugas security dibantu Pollux National Network Mal Paragon Semarang membantu pengunjung melalukan scan barcode untuk mengetahui bukti vaksinasi sebelum masuk Mal Paragon dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi, Selasa (10/8/21). 

JAKARTA, TRIBUNAMBON.COM - Chief Digital Transformation Office (DTO) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Setiaji mengatakan, pihaknya tengah melakukan uji coba penggunaan aplikasi PeduliLindungi bagi setiap orang yang masuk ke lingkungan sekolah saat pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas.

Setiaji mengatakan, saat ini, pihaknya masih berkoordinasi dengan Kemendikbud Ristek untuk menyusun skema penggunaan aplikasi PeduliLindungi di sekolah.

"Biasanya di sekolah itu siswa tidak diperkenankan bawa ponsel, maka kami kerja sama dengan Kemendikbud Ristek dan melakukan intensif bahwa justru prosesnya dibalik, kami yang memberikan sistem backend kami," kata Setiaji dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (7/10/2021).

Setiaji mengatakan, sistem dari kemenkes tersebut akan memberikan informasi bila ada siswa, guru dan keluarga siswa yang terpapar Covid-19. Dengan demikian, siswa atau guru tersebut tidak diperkenankan masuk ke sekolah selama PTM terbatas.

"Sehingga tidak diperlukan smartphone tapi sistem yang membaca siapa siswa atau guru yang terindentifikasi," ujarnya.

Lebih lanjut, Setiaji mengatakan, untuk guru, tenaga pendidik dan masyarakat umum lainnya tetap menggunakan QR Code PeduliLindungi saat memasuki lingkungan sekolah.

"Untuk masyarakat umum tetap pakai QR Code PeduliLindungi jadi kita melakukan koordinasi kedua hal tersebut," ucap dia.

(Kompas.com / Haryanti Puspa Sari / Krisiandi)

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved