Breaking News:

Ambon Hari Ini

Buka Kegiatan UKW, Murad Ismail Minta Wartawan Maluku Serius dan Jujur Mengikuti Tes

Murad menyebutkan, melalui UKW tersebut diharapkan kemampuan menulis berita para Jurnalis di Maluku

Penulis: Adjeng Hatalea | Editor: Fandi Wattimena
TribunAmbon.com
Suasana pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW), Swiss-bel Hotel Ambon, Selasa (5/10/2021). 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Adjeng Hatalea

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - Gubernur Maluku, Murad Ismail meminta 53 peserta Uji Kompetensi Wartawan (UKW) agar serius dan jujur mengikuti tes tersebut.

Murad menyebutkan, melalui UKW tersebut diharapkan kemampuan menulis berita para Jurnalis di Maluku lebih meningkat lagi, dan diakui serta bermanfaat bagi masyarakat.

“Untuk saudara-saudara wartawan kiranya dapat mengikuti Uji Kompetensi ini dengan serius dan sungguh-sungguh yang pada akhirnya kemampuan saudara dalam menulis berita dapat diakui dan bermanfaat bagi masyarakat Maluku,” ucap Murad dalam sambutannya yang dibacakan oleh Staf Ahli Bidang Pembangunan Ekonomi dan Keuangan, Margareth Samson di Banda Neira Ballroom, Swiss-belhotel Ambon, Selasa (5/10/2021).

Dia menuturkan, kemerdekaan pers merupakan salah satu wujud kedaulatan rakyat dan menjadi unsur yang sangat penting untuk menciptakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang demokratis, sehingga kemerdekaan mengeluarkan pikiran dan pendapat dapat terjamin dengan baik.

Baca juga: Belum Setahun Dibentuk, Maluku FC Tersandung Kasus Dugaan Pengaturan Skor di Liga 3 Maluku

Baca juga: Laga Semifinal Liga 3 Maluku Resmi Ditunda untuk Kepentingan Penyidikan

Pers sebagai wahana komunikasi massa, penyebar informasi, dan pembentuk opini harus dapat melaksanakan asas, fungsi, hak, kewajiban, dan peranannya dengan sebaik-baiknya berdasarkan kemerdekaan pers yang profesional, sehingga harus mendapat jaminan dan perlindungan hukum, serta bebas dari campur tangan dan paksaan dari manapun.

“Sejalan dengan hal tersebut, wartawan selaku insan pers dalam melaksanakan tugas dan fungsi untuk menyediakan dan menyajikan informasi melalui pemberitaan harus memegang teguh kode etik jurnalistik sehingga penyajian berita dapat bersifat Independen, akurat, berimbang, dan tidak beritikad buruk. Dalam pemberitaan juga tidak mencapurkan fakta dan opini yang menghakimi, tidak menyajikan berita bohong, fitnah dan sadis, sehingga profesionalitas wartawan dapat dijunjung tinggi,” terang Murad.

Dia menambahkan, UKW ini merupakan langkah yang strategis agar mendorong para wartawan untuk mampu meliput dan menyajikan fakta/peristiwa, isu-isu terkini, meningkatkan kemampuan menulis kebijakan maupun kerja-kerja pemerintah daerah sesuai kode etik Jurnalistik serta mampu bertukar pengalaman, pengetahuan dan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Provinsi Maluku yang kita cintai bersama.

“Akhirnya saya mengharapkan kepada saudara saudara peserta Uji Kompetensi Wartawan agar pada saatnya, beritakanlah yang benar dan benarlah dalam berita,” pungkasnya.(*)

Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved