Breaking News:

PON XX Papua

Mahasiswa Papua Minta Semua Pihak Jaga Keamanan Pelaksanaan PON XX Papua

Masyarakat Papua diminta menjaga kondusifitas dan stabilitas di Tanah Papua saat pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Courtesy / Humas PLN UIW MMU
Stadion Lukas Enembe, Jayapura saat acara pembukaan PON XX, Sabtu (2/10/2021). 

TRIBUNAMBON.COM - Masyarakat Papua diminta menjaga kondusifitas dan stabilitas di Tanah Papua saat pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang dihadiri langsung Presiden Jokowi.

Pernyataan ini disampaikan oleh Charles Kossay, mahasiswa Papua asal Kabupaten Jayawijaya, di Jakarta, Sabtu (2/10/2021).

Saat diwawancara oleh awak media, Charles menegaskan bahwa ia dan rekan-rekannya mahasiswa asal Papua yang saat ini sedang menempuh perkuliahan di Jakarta mendukung penuh pelaksanaan PON XX Papua.

"Tidak ada alasan untuk tidak mendukung pelaksanaan PON XX Papua. Didaulatnya tanah Papua sebagai tuan rumah pelaksanaan PON XX adalah hasil kerja keras dari Pemerintah Provinsi Papua dan juga bentuk penghargaan dari Pemerintah Pusat kepada masyarakat Papua yang senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi dan kedamaian," ucapnya.

Baca juga: PON XX Resmi Dibuka Presiden Jokowi, PLN Sukses Hadirkan Listrik Tanpa Kedip di Stadion Lukas Enembe

Charles berharap pelaksanaan PON XX di tanah Papua dapat memberikan manfaat ekonomi dan sosial kepada masyarakat Papua.

"Tentu kami berharap dengan adanya ajang PON ini, masyarakat Papua dapat merasakan dampak ekonomi. Mama-mama yang berjualan di kawasan lokasi pelaksanaan PON XX dapat bertambah penghasilannya," kata pemuda Papua yang kerap disapa Chako itu.

Selain itu, Charles juga mendorong Pemerintah Pusat dan daerah untuk melakukan percepatan penanganan Covid-19 di tanah Papua yakni dengan cara memperluas pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat Papua hingga ke wilayah-wilayah terpencil.

"Penting juga Pemerintah Pusat dan Daerah untuk memperkuat sinergi dalam rangka percepatan vaksinasi bagi masyarakat Papua hingga ke wilayah-wilayah terpencil yang sulit dijangkau agar masyarakat Papua dapat terlindungi dari virus corona, sehingga pemulihan ekonomi di tanah Papua dapat segera terealisasi," ujar Charles.

Menutup pembicaraannya dengan awak media, Charles Kossay membacakan tiga poin pernyataan berkaitan dengan pentingnya menjaga stabilitas dan kondusifitas di tanah Papua.

Adapun pernyataannya antara lain, menolak dan mengecam tindakan kekerasan yang dilakukan oleh pihak manapun di tanah Papua demi menjaga keselamatan rakyat Papua.

Kedua, mengajak semua elemen masyarakat dan Pemerintah Daerah untuk mendukung pelaksanaan PON XX Papua.

"Mendorong Pemerintah Pusat dan Daerah untuk mempercepat penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi di Tanah Papua," ujarnya. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved