Breaking News:

Nasional

Menag Akan Berkunjung ke Arab Saudi Bahas Haji dan Umrah

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas akan bertolak ke Arab Saudi pada akhir tahun ini guna memastikan penyelenggaraan ibadah haji dan umrah pada 2022.

Editor: Adjeng Hatalea
Tribunnews.com/Muhammad Husain Sanusi/MCH2019
Kakbah diabadikan pada Jumat (19/7/2019) dalam kondisi kain Kiswah sudah ditinggikan dan diganti dengan kain putih. Kiswah Kakbah diangkat untuk menyambut datangnya musim haji. 

JAKARTA, TRIBUNAMBON.COM - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas akan bertolak ke Arab Saudi pada akhir tahun ini guna memastikan penyelenggaraan ibadah haji dan umrah pada 2022.

"Soal haji dan umrah mudah-mudahan akhir tahun ini saya bisa berangkat ke Arab Saudi untuk mendapatkan kejelasan," kata Yaqut usai menutup kegiatan Madrasah Moderasi Beragama (MBB) PW GP Ansor Babel di Belitung, dikutip dari Antara, Sabtu (2/9/2021).

"Sehingga nanti kami bisa mendapat kejelasan bagaimana apakah pelaksanaan umrah sudah dipulihkan dan apakah haji tahun depan juga sudah dipulihkan," ujar dia.

Ia mengatakan dalam pertemuan nanti dengan pihak pemerintah Arab Saudi, pihaknya juga berusaha agar Indonesia mendapatkan tambahan kuota dari Arab Saudi pada pelaksanaan musim haji tahun depan.

"Kami akan usahakan (penambahan kuota).

Kalau saya menjamin tidak bisa karena yang punya otoritas adalah pemerintah Arab Saudi," katanya. Ia pun meminta doa restu dari masyarakat Indonesia agar pertemuan yang dilaksanakan nantinya dapat membuahkan hasil.

"Kami akan berupaya semaksimal mungkin sesuai dengan kemampuan kami agar tahun depan masyarakat kita bisa berangkat menunaikan ibadah haji dan umrah," ujarnya.

Sebelumnya Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) Khoirizi bertemu Duta Besar Arab Saudi Essam bin Abed Al-Thaqafi.

Dalam pertemuan itu, Khoirizi melobi Pemerintah Arab Saudi agar Indonesia bisa memberangkatkan jemaah umrah.

"Kami berharap Pemerintah Arab Saudi segera mencabut suspend dan memberi kesempatan kepada jemaah umrah Indonesia untuk bisa berangkat ke Tanah Suci," kata Khoirizi dilansir dari laman resmi Kemenag, Kamis (23/9/2021).

(Kompas.com / Rakhmat Nur Hakim)

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved