Breaking News:

Nasional

Kemenkes: Penyintas Covid-19 Bisa Divaksin Sebulan Setelah Sembuh

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengungkapkan, ada perubahan aturan tentang jangka waktu pemberian vaksin Covid-

Editor: Adjeng Hatalea
Sumber: Laman covid19.go.id
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito. 

JAKARTA, TRIBUNAMBON.COM - Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengungkapkan, ada perubahan aturan tentang jangka waktu pemberian vaksin Covid-19 untuk para penyintas.

Jika sebelumnya penyintas Covid-19 baru bisa disuntik 3 bulan setelah sembuh, kini mereka bisa disuntik setelah sebulan.

"Kementerian Kesehatan telah menerbitkan Surat Edaran (SE) vaksinasi bagi penyintas covid 19. Dalam SE ini penyintas Covid-19 dengan gejala ringan hingga sedang dapat menerima vaksinasi satu bulan setelah dinyatakan sembuh," ujar Wiku dalam konferensi pers daring melalui YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (30/9/2021).

Sementara itu, lanjut Wiku, penyintas Covid-19 gejala berat tetap baru bisa divaksin tiga bulan setelah dinyatakan sembuh.

Diberitakan sebelumnya, capaian vaksinasi Covid-19 di Indonesia disebut telah mencapai hampir 90 juta orang untuk dosis pertama.

Sementara capaian vaksinasi Covid-19 kedua sudah menyasar 50 juta orang lebih.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Reisa Brotoasmoro mengatakan, capaian ini dilakukan dalam kurun waktu 9 bulan, yakni dari pertengahan Januari 2021 sampai Rabu (29/9/2021).

Dia pun menegaskan, pemerintah memastikan vaksinasi Covid-19 di Indonesia dilakukan secara merata dan setara. Pemerataan itu juga menyasar lansia, kelompok rentan dan penyandang disabilitas.

(Kompas.com / Dian Erika Nugraheny / Diamanty Meiliana)

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved