Breaking News:

Listrik STQ Nasional XXVI

Kerahkan 102 Personel, PLN Siap Amankan Listrik STQ Nasional XXVI di Maluku Utara

Tidak hanya gelaran PON XX di Papua, PT PLN (Persero) siap mengamankan pasokan kelistrikan pada Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) Nasional XXVI di Sofifi

Editor: Adjeng Hatalea
Courtesy / Humas PLN UIW MMU
MALUKU UTARA: Petugas PLN melakukan persiapan kesiagaan untuk mengamankan Pasokan Listrik STQ Nasional Oktober 2021 mendatang di Sofifi, salah satunya yakni di Masjid Raya Sofifi yang menjadi lokasi pembukaan kegiatan STQ Nasional 2021. 

SOFIFI, TRIBUNAMBON.COM - Tidak hanya gelaran PON XX di Papua, PT PLN (Persero) siap mengamankan pasokan kelistrikan pada Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) Nasional XXVI di Sofifi, Maluku Utara pada 14-22 Oktober 2021. Sebanyak 102 personel dikerahkan guna meyukseskan acara ini.

Seluruh personel akan disebar ke enam lokasi pelaksanaan STQ Nasional. Mereka bersiaga menjaga keandalan sistem kelistrikan sejak 7-24 Oktober 2021.

PLN memastikan ketersediaan pasokan listrik di Sofifi cukup.

Saat ini sistem kelistrikan Sofifi memiliki daya mampu sebesar 9,9 Megawatt (MW) dengan beban puncak 5,2 MW sehingga terdapat cadangan daya 4,7 MW. Sementara beban puncak kelistrikan selama gelaran STQ diprediksi mencapai 7,1 MW.

MALUKU UTARA: Persiapan kesiagaan untuk mengamankan Pasokan Listrik STQ Nasional Oktober 2021 mendatang di Sofifi, Maluku Utara.
MALUKU UTARA: Persiapan kesiagaan untuk mengamankan Pasokan Listrik STQ Nasional Oktober 2021 mendatang di Sofifi, Maluku Utara. (Courtesy / Humas PLN UIW MMU)

"Maka dari sisi ketersediaan daya, kami bisa pastikan cukup pada saat gelaran acara nanti," ujar General Manager PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU), Adams Yogasara.

Di samping itu, PLN juga memperkuat pasokan kelistrikan melalui jaringan saluran udara tegangan menengah (SUTM) pada sistem kelistrikan Sofifi sebagai guna memastikan keandalan pasokan listrik selama gelaran STQ berlangsung.

Selain itu, PLN menyediakan dua unit uninterruptable power supply (UPS) masing-masing berkapasitas 100 kilo Volt Ampere (kVA), 6 unit gardu bergerak (UGB) berkapasitas 250 hingga 400 kVA serta 12 genset berkapasitas 40 hingga 250 kW.

"Seluruhnya kami siapkan untuk masing-masing venue kegiatan mulai dari pembukaan hingga penutupan sesuai dengan kebutuhan listrik di lokasi masing-masing, termasuk tempat tinggal untuk para peserta selama pelaksanaan STQ," tutur Adams.

Peserta dan panitia STQ juga dapat dengan nyaman berinteraksi dengan personel PLN karena seluruh personel yang bertugas menjalankan protokol kesehatan selama kegiatan berlangsung dan telah menjalani vaksinasi Covid-19.

"Ini merupakan bentuk komitmen kami untuk tetap mengedepankan protokol kesehatan," tambah Adams.

MALUKU UTARA: General Manager PLN MMU, Adams Yogasara (kanan) saat melaporkan kesiapan listrik untuk pelaksanaan STQ Nasional XXVI kepada Gubernur Maluku Utara, Abdul Ghani Kasuba (kiri).
MALUKU UTARA: General Manager PLN MMU, Adams Yogasara (kanan) saat melaporkan kesiapan listrik untuk pelaksanaan STQ Nasional XXVI kepada Gubernur Maluku Utara, Abdul Ghani Kasuba (kiri). (Courtesy / Humas PLN UIW MMU)

Sementara itu, Gubernur Maluku Utara Abdul Ghani Kasuba menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasihnya atas kesiapan yang sudah dilakukan oleh PLN untuk mendukung gelaran STQ Nasional di Sofifi.

"Saya tidak meragukan lagi kesiapan yang dilakukan oleh PLN, bahkan sampai GM dan rombongan dari Ambon tiba di Sofifi untuk mengecek langsung kesiapannya," tuturnya.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved