Breaking News:

Maluku Terkini

BNI dan Pemerintah Maluku Bersinergi Dorong Pemulihan Ekonomi Nasional

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI Wilayah 07 Makassar (Sulsel-Sulbar-Sultra-Maluku) gelar pertemuan dengan Pemerintah Provinsi Maluku.

Penulis: Fandi Wattimena | Editor: Salama Picalouhata
Humas BNI
PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI Wilayah 07 Makassar (Sulsel-Sulbar-Sultra-Maluku) gelar pertemuan dengan Pemerintah Provinsi Maluku. 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Fandi Wattimena

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI Wilayah 07 Makassar (Sulsel-Sulbar-Sultra-Maluku) gelar pertemuan dengan Pemerintah Provinsi Maluku.

Pertemuan yang berlangsung di Kantor Gubernur Maluku, Senin (27/9/2021) menjadi inisiatif BNI untuk mendorong percepatan pengembangan UMKM yang berorientasi ekspor serta rencana pembangunan ruang pamer Xpora di Bandara Pattimura, Ambon.

Hadir dalam pertemuan, Gubernur Maluku, Murad Ismail, Pimpinan BNI Wilayah 07 Hadi Santoso, Ketua Tim Gubernur Percepatan Pembangunan (TGPP) Provinsi Maluku Hadi Basalamah, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Maluku Lutfi Rumbia, Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Dr Suryadi Sabirin, Kepala Pelindo serta Direktur dan komisaris PT MEA ( Maluku Energi Abadi).

Baca juga: Golkar Siapkan Nama Cagub Maluku, Ada Jeffry Apoly Rahawarin hingga Mukti Keliobas

Hadi Santoso dalam siaran pers yang dikeluarkan, Selasa (29/9/2021) menyatakan, BNI berkomitmen untuk mendukung program-program yang dicanangkan oleh Pemerintah Provinsi Maluku dalam rangka mempercepat Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) melalui pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan memberikan pendampingan dan fasilitas kredit yang dapat menguatkan permodalan bagi para pelaku usaha.

"Saat ini BNI juga telah menyediakan layanan bagi pelaku UMKM untuk dapat menjangkau dan mengakses informasi terkait pasar Ekspor melalui program BNI Xpora dengan melakukan pendampingan, konsultasi masalah permodalan dan transaksi , juga membantu menghubungkan dengan diaspora diluar negeri dengan bersinergi dengan Kantor Cabang BNI di Luar Negeri," kata Hadi.

Menurutnya, pendampingan dari dinas terkait menjadi sangat penting dalam mewujudkan targer berbagai program.

"Dengan pendampingan dari Dinas terkait , Dekranasda dan perbankan kepada pelaku UMKM di Provinsi Maluku akan dapat menghasilkan produk yang memiliki daya saing tinggi untuk dipasarkan lokal maupun global," ungkapnya.

"Di Kota Ambon akan dibuat booth display UMKM dan Kerajinan Nasional Daerah yang berlokasi di Bandara Pattimura. Booth mini Xpora ini dapat dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM untuk memperoleh informasi terkait Ekspor," imbuhnya.

Diharapkan ke depan produk-produk UMKM Maluku dapat bersaing dan lebih memiliki nilai jual ke pasar internasional. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved