Breaking News:

Gangguan Internet di Maluku

Imbas Gangguan Internet di Pelayanan Publik, Pemkot Ambon Alihkan Jaringan

Akibat gangguan internet di Beberapa wilayah di Indonesia juga dirasakan pelayanan publik pemerintah Kota Ambon.

Grafis TribunAmbon.com / Alghazali
Ilustrasi Gangguan Internet di Maluku 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Tanita Pattiasina

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - Akibat gangguan internet di beberapa wilayah di Indonesia juga dirasakan pelayanan publik pemerintah Kota Ambon.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Ambon, Joy Adriaansz mengatakan pemerintah harus mengalihkan jaringan internet khususnya ke layanan publik termasuk ruang rapat vlisingen yang tengah melaksanakan rapat paripurna.

"Gangguan jaringan fiber optik saat ini dampaknya terasa sehingga langkah-langkah yang dilakukan diskominfosandi Ambon sementara waktu kita mengalihkan jaringan internet bandwitdh alihkan ke semua layanan publik trmasuk ke ruang vlissingen yg sementara pelaksanaan paripurna," kata Adriaqnsz, Senin (20/9/2021).

Baca juga: Gangguan Jaringan Internet di Ambon, Belajar Siswa Ikut Terganggu

Dua pelayanan publik yang mendapat peralihan jaringan internet yakni Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dan kantor pelayanan perpajakan.

"Terasa sekali bahwa tidak maksimal kita alihkan ke ruang pelayanan publik yakni DPTMSP dan BPTRB," tambahnya.

Adriaansz menjelaskan kondisi internet untuk pelayanan publik saat ini terbatas dan tidak maksimal untuk melakukan pelayanan kepada masyarakat.

"Walaupun memang kondisi saat ini untuk jaringan indihome sama sekali berat tidak bisa jalan sedangkan astinet sendiri kapasitas kita bandwidth 40 MB agak sulit untuk lakukan pelayanan, tapi dengan kondisi terbatas 2 dinas tersebut tetap lakukan pelayanan dengan optimalkan kondisi yang ada," ujarnya.

Adriaansz berharap situasi gangguan internet dapat segera teratasi agar pelayanan kepada masyarakat kembali normal.

"Kita berharap dalam beberapa waktu situasi perbaikan dapat dilakukan telkom sehingga pelayanan bisa kembali normal, otomatis di masing-masing OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang lakukan pelayanan sementara waktu tidak bisa gunakan jaringan internet, prioritas kita untuk pelayanan publik," tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, gangguan internet terjadi di hampir seluruh wilayah Indonesia termasuk.

Tak hanya jaringan Indihome, jaringan Telkomsel juga mengalami gangguan.

Gangguan disebutkan terjadi pada sistem komunikasi kabel laut JaSuKa (Jawa, Sumatera dan Kalimantan) ruas Batam - Pontianak, Minggu (19/9/2021) mulai sekitar pukul 17.33 WIB yang berdampak pada penurunan kualitas layanan TelkomGroup baik fixed maupun mobile broadband di beberapa wilayah Indonesia.

Sementara gangguan teridentifikasi berasal dari titik sekitar 1,5 Km lepas pantai Batam pada kedalaman 20 meter bawah permukaan laut.

Melalui rilis TelkomGroup, pihaknya masih melakukan perbaikan dan pengalihan jaringan. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved