Breaking News:

Ambon Hari Ini

32 Titik CCTV Aktif, Tidak Hanya Warga, Sungai Hingga Tempat Sampah di Ambon Juga Terpantau

Joy Adriaansz kepada wartawan mengatakan telah menempatkan CCTV pada tempat pembuangan sampah (TPS)

Penulis: Tanita Pattiasina | Editor: Fandi Wattimena
TribunAmbon.com/ Tanita Pattiasina
Command Center, Pemerintah Kota Ambon 

Laporan Wartawan TribunAmbon.con, Tanita Pattiasina

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - Melalui command center, Pemerintah Kota Ambon tak hanya memantau aktivitas warga.

Permasalahan sampah dan lingkungan juga menjadi perhatian khusus pemerintah kota.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Ambon, Joy Adriaansz kepada wartawan mengatakan telah menempatkan CCTV pada tempat pembuangan sampah (TPS) yang bermasalah dan pada lima aliran sungai besar di Kota Ambon.

"CCTV juga ditempatkan pada lokasi-lokasi TPS yang sering bermasalah," kata Adriaansz di Command Center, Lantai 4 Kantor Balai Kota Ambon, Jalan Sultan Hairun, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Rabu (16/9/2021) sore.

Peletakan kamera pemantau pada beberapa TPS itu dilakukan untuk mencegah penumpukan sampah.

“Untuk TPS apabila Volume telah penuh, akan dilaporkan kepada dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan, untuk segera mengangkut sampah," tambah Adriaansz.

Baca juga: Tanam 50 Anakan Pohon di Pelabuhan Tulehu, Darmapala; Karena di Sini Sangat Gersang

Baca juga: Tempel Pengumuman Tarif di Pintu Angkot, Dishub Ambon; Lapor ke Kami Kalau Sopir Minta Bayar Lebih 

Sementara, CCTV dialiran sungai akan membantu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) agar cepat dalam penanggulangan.

"Sedangkan CCTV di aliran sungai, untuk memantau tinggi aliran air saat musim penghujan dan derah bantaran sungai. Ketika ada kondisi tertentu, langsung dilaporkan kepada dinas terkait, seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) maupun Dinas PUPR untuk mengambil langkah-langkah penananganan,” Lanjutnya.

Adriaansz menjelaskan, petugas pemantau CCTV telah terkoneksi dengan masing-masing instansi sehingga bila ada masalah akan langsung diinfokan ke instansi tersebut.

"Masing-masing petugas disini juga jadi PIC di instansi jadi misalkan ada masalah yang terpantau di CCTV, itu mereka langsung infokan ke instansi untuk ditindak," jelasnya.

Selain 32 CCTV milik Pemkot,  Adriaansz mengatakan pada HUT Ke 446 Kota Ambon lalu, telah menandatangani Kerjasama Sharing CCTV dengan Polda Maluku.

Untuk menjaga keamanan dan ketertiban, serta pengembangan sistem Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau Tilang Elektronik.

“Dengan kerjasama tersebut maka ditindaklanjuti dengan penyambungan jaringan antara  32 CCTV yang dimiliki Pemkot, serta 22 CCTV milik Polda Maluku dan di integrasikan untuk penerapan ETLE,” terangnya.

Kadis menandaskan dengan adanya Command Center, maka pelayanan publik kepada masyarakat dapat terus dioptimalkan. (*)

Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved