Breaking News:

Maluku Terkini

Kabupaten SBT Terpilih Masuk Program Tekad Kementerian Desa PDT dan Transmigrasi

Seram Bagian Timur (SBT), Provinsi Maluku terpilih sebagai salah satu kabupaten yang masuk dalam Program Transformasi Ekonomi Kampung Terpadu (Tekad)

Penulis: Mesya Marasabessy | Editor: Adjeng Hatalea
TribunAmbon.com/Mesya
MALUKU: Penandatanganan peryataan komitmen dari Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas dengan Pemerintah Provinsi Maluku yang diwakili Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Nathaniel Orno dalam rangka terpilih sebagai salah satu kabupaten yang masuk pada Program Transformasi Ekonomi Kampung Terpadu (Tekad) di Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) dan Transmigrasi Tahun 2021 di Swiss-Belh Hotel Ambon, Selasa (14/9/2021). 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Mesya Marasabessy

AMBON, TRIBUNAMBON.COMSeram Bagian Timur (SBT), Provinsi Maluku terpilih sebagai salah satu kabupaten yang masuk dalam Program Transformasi Ekonomi Kampung Terpadu (Tekad) di Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) dan Transmigrasi  Tahun 2021.

Hal ini ditandai dengan adanya penandatanganan pernyataan komitmen dari Bupati SBT, Abdul Mukti Keliobas dengan Pemerintah Provinsi Maluku yang diwakili Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Nathaniel Orno di Swiss-Belh Hotel Ambon, Selasa (14/9/2021).

Penandatangan disaksikan pejabat Kementerian Desa dan PDTT, Herlina Sulistyorini.

Bupati SBT, Abdul Mukti Keliobas kepada wartawan mengaku bersyukur, Kabupaten SBT masuk dalam program Tekad Kementerian Desa PDT dan Transmigrasi.

Dari 11 kabupaten / kota di Provinsi Maluku, hanya tiga Kabupaten yang terpilih.

Baca juga: Mahasiswa IAIN Ambon Ngeluh Bayar Angkot Tak Sesuai Tarif, Ditagih Rp.4000

Yakni SBT, Kabupaten Maluku Tengah dan Kabupaten Seram Bagian Barat.

Ia mengatakan, program tersebut sejalan dengan visi Pemkab SBT untuk kesinambungan ekonomi masyarakat desa menuju masyarakat sejahtera yang akan menjadi komponen penting dalam program ini.

Program ini juga sangat membantu mewujudkan masyarakat yang sejahtera mandiri dan berdaya saing berbasis sumber daya lokal.

“Ini merupakan kesamaan komitmen Kemendes dan PDTT dengan Pemda SBT untuk melakukan proses pembangunan secara intensif berkelanjutan berbasis Desa dan Daerah pinggiran,” katanya.

Selain itu, program tersebut menyediakan ruang bagi Pemda SBT untuk mensinkronisasikan berbagai program dan kegiatan yang dibiayai APBD dengan program atau kegiatan pemerintah desa yang dibiayai Dana Desa (DD).

Baca juga: Azis Hentihu Pastikan DPW PPP Siap Rebut 5 Kursi DPRD Maluku

Sehingga kebutuhan masyarakat dan kesejahteraannya bisa terpenuhi dan terwujud lebih cepat.

Adapun puluhan desa pada sejumlah Kecamatan di SBT akan dijadikan sebagai desa percontohan pada tahap awal proses Tekad Kementerian Desa PDT dan Transmigrasi.

“Akan ditentukan beberapa desa di Kabupaten SBT untuk melaksanakan program ini pada tahap awal yakni di empat kecamatan. Kecamatan Bula Barat, Kecamatan Bula, Kiandarat dan Kecamatan Seram Timur,” jelasnya.

Diketahui, selain terpilih masuk program Tekad, SBT juga pernah terpilih sebagai Sekolah Penggerak (PSP) tahun 2021 di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).(*)

Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved