Breaking News:

Maluku Terkini

Wajah Muda Dominasi DPW PPP Maluku, Ini Kata Pengamat Politik

Di bawah kepemimpinan Azis Hentihu, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Provinsi Maluku didominasi wajah anak muda.

Penulis: Ode Dedy Lion Aziz | Editor: Adjeng Hatalea
Istimewa
AMBON: Lembaran susunan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Provinsi Maluku, beredar melalui pesan berantai WhatsApp, Kamis (9/9/2021) pagi. 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Dedy Azis

AMBON, TRIBUNAMBON.COM – Di bawah kepemimpinan Azis Hentihu, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Provinsi Maluku didominasi wajah anak muda.

Menurut Pengamat Politik FISIP Unpatti Ambon, Amir Kotarumalos, hal tersebut tergolong langkah berani.

“Bagi saya, keputusan pimpinan PPP Maluku cukup berani melakukan reformasi pada stuktural partai,” ujar Kotarumalos saat dihubungi TribunAmbon.com, Kamis (9/9/2021) pagi.

Amir mengatakan, PPP sendiri merupakan partai dengan azas keagamaan yang kuat, sehingga segmentasinya pun berdasarkan pada pembangunan berbasis agama.

“Ada dua model partai Islam. Yang satu haluannya pembangunan religi (development relegion) yang satu itu sosialis relegion. Cara masuk pada segementasi pun berbeda. Kalau PPP masuknya kanan," kata dia.

Lanjutnya, Amir mempertanyakan, keputusan mereformasi pengurus yang didominasi anak muda, apakah resistensi dengan basis tradisional atau tidak.

“PPP memiliki akar politik tradisional yang sangat menyejarah. Nah, keputusan mereformasi pengurus yang didominasi anak muda, apakah resistensi dengan basis tradisional atau tidak,” ucapnya.

Baca juga: Beredar Lembaran Susunan DPW PPP Maluku, Anak Muda Mendominasi

Selain stuktur PPP dipenuhi wajah muda, Amir juga menegaskan, power politik personaliti sangat penting untuk mendongkrak elektoral partai menuju kontestasi politik 2024.

“Orang-orang yang mengisi stuktur inti partai harus memiliki basis yang kuat, dan juga adalah tokoh dalam masyarakat yang mampu menggerakkan kebijakan partai sampai pada akar rumput,” tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, 70 persen struktur DPW PPP Maluku didominasi oleh anak muda dengan range usia 30 hingga 40 tahunan.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris DPW PPP, Rovik Afifudin mengatakan, PPP butuh proses regenerasi yang komprehensif untuk menjawab tantangan ke depan, sehingga tidak dipungkiri bahwa kepengurusan DPW PPP Maluku mengakomodir banyak wajah muda yang potensial.(*)

Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved