Breaking News:

Nasional

Haornas 2021, Jokowi Ucapkan Terima Kasih kepada Atlet dan Pelatih Olimpiade-Paralimpiade

Hal ini karena para atlet berhasil meraih berbagai medali dalam ajang Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020.

Editor: Adjeng Hatalea

JAKARTA, TRIBUNAMBON.COM - Presiden Joko Widodo menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada para atlet dan pelatih yang telah mengharumkan nama Indonesia di dunia olahraga internasional.

Jokowi mengatakan, peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-38 yang jatuh pada 9 September 2021 hari ini diperingati Indonesia dengan catatan prestasi yang membanggakan.

Hal ini karena para atlet berhasil meraih berbagai medali dalam ajang Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020.

"Apresiasi dan terima kasih yang sebesar-besarnya atas perjuangan dan kerja keras para atlet, ketekunan dari para pelatih yang telah mampu mengasah talenta-talenta hebat sehingga mengharumkan nama bangsa melalui prestasi-prestasi olahraga," kata Jokowi dalam tayangan YouTube Kemenpora RI, Kamis (9/9/2021).

Jokowi mengatakan, prestasi yang diraih para atlet bukan hanya menginsprasi dan membanggakan bangsa, tetapi juga memacu lahirnya prestasi-presrasi olahraga lainnya yang lebih gemilang di masa mendatang.

Prestasi itu, kata dia, tidak muncul begitu saja. Prestasi dihasilkan dari sebuah proses pembinaan dari hulu hingga ke hilir yang sistematis dan berkelanjutan.

Oleh karenanya, Jokowi ingin prestasi di bidang olahraga terus ditingkatkan agar semakin banyak atlet yang unggul di kancah internasional.

"Kita harus fokus bekerja untuk mencetak talenta-talenta hebat di bidang olahraga, agar lahir semakin banyak atlet unggul berprestasi, yang akan mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional, yang berpotensi besar mendulang medali di Olimpiade," ujarnya.

Jokowi menyebutkan, Indonesia punya bibit unggul di berbagai cabang olahraga. Mulai dari bulutangkis, angkat besi, panjat tebing, panahan, menembak, karate, taekwondo, balap sepeda, atletik, renang, dayung hingga senam artistik.

Ada pula dua cabang olahraga lainnya yang perlu dipersiapkan dengan baik yakni pencak silat dan wushu.

Dengan banyaknya bibit unggul yang dimiliki RI, Presiden mengajak para pemangku kepentingan bekerja sama menciptakan eksosistem industri olahraga yang semakin modern.

Berbagai kompetisi olahraga yang sehat juga perlu diselenggarakan untuk memacu prestasi. Ia ingin  talenta-talenta unggul ditemukan sejak dini, sehingga menjadi fondasi kuat untuk memajukan dunia olahraga Tanah Air.

"Selamat Hari Olahraga Nasional ke-38 kepada seluruh insan olahraga Indonesia, kepada seluruh masyarakat Indonesia yang selalu mendukung kemajuan-kemajian olahraga di negara kita Indonesia," kata Presiden.(*) 

(Kompas.com / Fitria Chusna Farisa / Krisiandi) 

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved