Breaking News:

Ambon Terkini

DPRD Minta Warga Ambon Rutin Bayar Retribusi Sampah

Ketua Komisi III DPRD Kota Ambon Jhony Wattimena meminta masyarakat Kota Ambon harus rutin membayar biaya retribusi sampah.

Penulis: Mesya Marasabessy | Editor: Adjeng Hatalea
Mesya Marasabessy
Ketua Komisi III DPRD Kota Ambon, Jhony Wattimena menyampaikan usulan penambahan nilai kontrak lahan pelabuhan Yos Sudarso Ambon di Kantor DPRD Kota Ambon, Rabu (24/2/2021). 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Mesya Marasabessy

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - Ketua Komisi III DPRD Kota Ambon Jhony Wattimena meminta masyarakat Kota Ambon harus rutin membayar biaya retribusi sampah.

Hal ini ia sampaikan sesuai dengan komitmennya untuk membenahi sistem pembuangan sampah di Ambon.

“Kita akan benahi sistem pembuangan sampah di Ambon tapi masyarakat juga harus ada membantu pemerintah dalam rangka pembayaran retribusi sampah rumah tangga khususnya,” kata Jhony Wattimena kepada wartawan di Baileo Belakang Soya Ambon, Kamis (10/9/2021) siang.

Ia mengatakan, beberapa sarana dan prasarana yang sudah dimiliki akan terus diefektifkan untuk membenahi sistem pembuangan sampah.

Seperti armada pengangkut sampah yang akan dievaluasi kembali.

Selain itu, sarana tempat pembuangan sampah juga akan dibangun disetiap wilayah kecamatan di Kota Ambon.

“Beberapa sarana prasarana memang sudah dimiliki namun tidak efektif dipergunakan seperti Pemgelolaan Sampah Terpadu (PST). Armada yang dimiliki oleh Pemkot untuk mengangkut sampah setiap hari ini juga harus dievaluasi,” ungkapnya.

Ia menambahkan, semua itu bisa dibenahi dengan cepat asalkan ada partisipasi juga dari masyarakat.

“Kalau masyarakat rutin bayar retribusi kan Pendapatan Asli Daerah (PAD) kita akan bertambah dan bisa dikelola kembali untuk pembenahan sampah di Ambon,” tandas Jhony.

Diketahui, berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2013 tentang retribusi sampah, biaya retribusi perumahan pemukiman Rp 6.000 per bulan.

Untuk asrama besar berkapasitas 101-200 orang, dikenakan tarif Rp 400 ribu per bulan, sedangkan 51-100 orang Rp 200 ribu per bulan, dan kapasitas kecil Rp 100 ribu per bulan.

Sementara, retribusi rumah makan dikenakan Rp. 100.500 per bulan, restoran Rp.200 ribu per bulan, rumah kopi Rp.50 ribu per bulan. 

Sedangkan rumah sakit pemerintah dan swasta disesuaikan tipe, yakni RS Type A Rp1,6 juta per bulan, B Rp.720 ribu per bulan, C Rp.400 ribu per bulan dan D Rp.120 ribu per bulan.

 Retribusi perkantoran pemerintah dikenakan tarif Rp1,1 juta per bulan, swasta (PT) Rp.500 ribu per bulan dan CV Rp.100 ribu per bulan.(*) 

Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved