Breaking News:

Maluku Terkini

1 dari 5 Fraksi Menolak, DPRD Tetap Sahkan LPJ Bupati Buru Tahun 2020

Pengesahan dan penetapan dilakukan DPRD setelah empat dari lima fraksi menerima Ranperda, dalam rapat Paripurna di DPRD Kabupaten Buru,

Penulis: Andi Papalia | Editor: Fandi Wattimena
TribunAmbon.com/ Andi Papalia
DPRD Kabupaten Buru menggelar rapat paripurna, pembahasan Ranperda dan LPJ Bupati Tahun 2020, Senin (6/9/2021) 

Laporan Kontributor TribunAmbon.com, Andi Papalia

NAMLEA, TRIBUNAMBON.COM - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Buru, mengesahkan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2020.

Pengesahan dan penetapan dilakukan DPRD setelah empat dari lima fraksi menerima Ranperda, dalam rapat Paripurna di DPRD Kabupaten Buru, Senin (6/9/2021) sore.

"Soal penolakan itu wajar dan sah-sah saja, dalam sikap Fraksi terhadap LPJ Bupati," kata Ketua DPRD Kabupaten Buru, M. Rum Soplestuny kepada TribunAmbon.com, saat diwawancarai, Senin

Lanjutnya, penyampaian penolakan dari Fraksi Bupolo oleh Jhon Lehalima, ada intrupsi dari Rifai Takimpo, secara personal.

"Di dalam Fraksi Bupolo, ada gabungan beberapa Partai Politik, yakni Partai Nasdem, Partai Demokrat dan Partai Perindo," kata Soplestuny.

Baca juga: Tak Hanya Melawan Bali United, Buyung Lessy akan Absen pada 3 Laga Besar

Baca juga: KPU Siapkan Rancangan PKPU tentang Tahapan dan Jadwal Pemilu 2024

Dia menjelaskan, tidak ada regulasi ketika seluruh Fraksi menolak, pemerintahan tidak berjalan, itu cuman sikap politik.

Pantauan TribunAmbon.com, keempat Fraksi yang menerima LPJ Pelaksanaan APBD Tahun 2020, diantaranya Fraksi Golkar, Fraksi PKB, Fraksi PPP (PDIP dan PPP), dan Fraksi GRS (Gerindra, Hanura dan PKS).

Sementara satu fraksi menyatakan menolak, LPJ Bupati tersebut, yakni Fraksi Bupolo (Demokrat, Perindo dan Nasdem).

Namun, salah satu anggota Fraksi Bupolo, dari Partai Perindo, atas nama Rifai Takimpo, menerima LPJ Bupati Buru Tahun 2020.

Atas persetujuan empat Fraksi, Somplestuny mengetuk palu pengesahan dalam rapat paripurna, yang dihadiri Sekertaris Daerah, Ilyas Hamid.

Setelah persetujuan itu, para Pimpinan DPRD, Ketua M. Rum Soplestuny, Wakil Ketua Dali Fahrul Syarifudin, Wakil Ketua Djalil Mukadar, dan Sekda Buru Ilyas Hamid, menandatangani LPJ Pelaksanaan APBD Tahun 2020. (*)

Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved